tremor

selamat siang dok. saya mohon bantuannya, tangan saya sering gemetaran apalagi kalau saya sedang merasa diperhatikan. hal ini saya rasakan semakin lama semakin parah. saya merasa terganggu untuk menjalankan aktivitas saya sehari-hari dan bahkan saya rasa hal ini mempermalukan diri saya sendiri. saya sudah tidak tau bagaimana cara mengatasinya. karena untuk menulis juga saya gemetar. saya pernah ke dokter ahli saraf, tapi setelah mendengar keluhan dari saya, beliau menyarankan saya untuk ke dokter psikiater. saya mohon bantuannya dok, tips-tips untuk dapat mengurangi tremor saya ini. sebelumnya diucapkan terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 01/03/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Keluhan tangan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal. Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, dan banyak lagi.
  2. Kelainan psikis seperti gugup, stres, cemas, takut yang berlebihan.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda. 

Gugup sendiri tidak dianggap sebagai masalah serius. Banyak orang mengalami gugup pada berbagai kondisi, bahkan pada penyebab kegugupan yang irasional. Mengalami gugup adalah bagian dari menjadi manusia, dan bukan hal yang berbahaya. Tapi ketika gugup yang berlebihan, menetap, dan berdampak pada kehidupan pribadi, atau disertai oleh gejala fisik yang berat, sobat membutuhkan pertolongan dokter psikiater untuk menangani keluhan tersebut. 
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya tremor adalah :

  • Melakukan olahraga ringan, seperti mengangkat barbel untuk memperkuat otot-otot di pergelangan tangan.
  • Menghindari diri dari pikiran yang membebani agar tidak stres.
  • Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan memperbanyak konsumsi air mineral.
  • Tidur dan beristirahat yang cukup, sebab kelelahan bisa memicu timbulnya tremor.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.