hidung mengeluarkan ingus

satu tahun yang lalu saya melakukan operasi sinusitis lalu setelah operasi saya sudah bernafas dengan lega, lalu ternyata saya terkena flu lalu mengeluarkan ingus yg cair dan keluar tiba tiba setelah itu sembuh lalu hari ini saya padahal dalam kondisi fit lalu pagi ini di hidung saya seperti ada yg mengganjal saya merasakan bahwa itu cairan ingus pertama kental lalu encer dan banyak dan ingus yg kental itu mengeluarkan sedikit darah. mohon solusinya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 28/02/2019
Public

Selamat Pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan tanya dok
Sinusitis adalah peradangan pada salah satu atau lebih mukosa sinus paranasal. Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, hipertrofi konka media, benda asing di hidung, rinitis kronis, rinitis alergi, polip serta tumor di dalam rongga hidung merupakan faktor predisposisi terjadinya sinusitis. Selain itu lingkungan berpolusi, udara dingin serta kering, yang dapat mengakibatkan perubahan pada mukosa serta kerusakan silia sehingga dapat mengakibatkan sinusitis. Infeksi virus, bakteri atau jamur dari traktus respiratori atas lokasi lintasan udara pada hidung, faring, sinus-sinus dan tenggorokan termasuk infeksi virus yang menyebabkan common cold, dapat berperan penting menjadi sinusitis. Jika terdapat darah kemungkinan dikarenakan ada polip atau terlalu keras saat mengeluarkan ingusnya sehingga membuat luka di sekitar membran mukosa sinus paranasal.
Jika hal ini mengganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari anda, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis THT.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.