Pencernaan anak usia 1th

Anak saya sudah usia 13bulan berat badan 11kg ketika saya ganti ke nutrilon3 kenapa ya kq BAB nya langsung encer??jadi saat ini saya masih menggunakan produk nutribaby2,,bagaimana solusinya ya dok untuk menaikkan tahap pergantian susunya agar bisa diterima pencernaan??terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 25/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Sebagai informasi, protein dalam susu yang tidak seimbang dapat menyebabkan bayi diare, mual, atau kembung. Sebenarnya tidak masalah untuk melakukan pergantian susu formula asalkan cocok dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi.
Beberapa bayi memerlukan adaptasi yang lebih lama daripada yang lainnya. Sobat dapat meningkatkan frekuensi pemberian susu baru secara bertahap (mis: awalnya hanya 1x susu baru per hari sementara jadwal makan berikutnya diberikan susu lama, beberapa hari kemudian ditingkatkan perlahan sampai sesuai kebutuhan susu bayi per hari). Kalau semuanya berjalan mulus, sobat bisa mengganti susu lama ke susu baru dengan lebih cepat.
Jika setelah berganti susu formula, keluhan dan gejala diare semakin sering terjadi disertai muntah, demam tinggi, dan muncul darah pada tinja; segera konsultasikan ke dokter atau dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat serta menghindari dehidrasi.
Beberapa hal yang dapat sobat lakukan sebagai berikut:

  • Perhatikan asupan cairan untuk menghindari dehidrasi
  • Jangan berikan obat-obatan tanpa ajuran dan resep dokter
  • Berikan oralit yang dapat dibeli di apotek terdekat

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.