Sakit kepala

Hai dok, saya Kenz Aginov, ingin berkonsultasi. Terhitung sudah 7 hari semenjak kepala saya rentan sekali pusing, kadang migrain, kadang keseluruhan. Sakit kepala ini begitu mengganggu, dok. Sakitnya menjalar dari kepala menuju leher bagian belakang.
Dan biasanya sakit kepala ini dibarengi dengan demam yg mendadak hanya muncul di sore hari hingga malam. Waktu pagi saya padahal baik baik saja.
Kira kira ini kenapa ya, dok?
Hatur nuhun

1 Jawaban Dokter

Staff 22/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Nyeri kepala bagian belakang sebagian besar disebabkan oleh Tension Type Headache (TTH). Bila keluhan kepala seperti tertindih benda  berat/diikat dan melibatkan otot leher maka kemungkinan sobat mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku dibagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot lainnya di tubuh.
beberapa faktor pemicu TTH antara lain :

  1. Stres
  2. Gangguan tidur
  3. Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  4. Waktu makan yang tidak teratur
  5. Kelelahan mata

Demam sendiri merupakan kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. 
Untuk penanganan keluhan sobat, dapat dilakukan hal-hal seperti berikut: 

  • konsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter
  • cukup istirahat
  • minum air mineral 2 liter sehari
  • perbanyak konsumsi buah dan sayur

Jika keluhan demam sudah lebih dari 3 hari, kami sarankan untuk konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti laboratorium untuk mencari penyebab keluhan sobat agar bisa diberikan terapi yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.