kesehatan

pagi dok saya mau tanya, knp ya dok saya punya adek laki2 gk normal agak kurang mental gtu, dlu dia itu gk kyk gni dok, suka ganjen, suka ngintipin saya, itu kenapa ya dok, sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 22/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kegemaran untuk mengintip orang lain disebut dengan Voyeurisme. Menurut American Psychiatric Association, seseorang dikatakan sebagai pelaku voyeurisme jika setidaknya selama 6 bulan melakukan aktivitas mengintip orang lain beradegan seks atau telanjang, dan bisa jadi juga sudah mengganggu kepentingan serta privasi orang lain. Voyeurisme biasanya ditandai dengan adanya dorongan yang tidak terkendali untuk secara diam-diam mengintip atau melihat orang lain yang sedang telanjang, menanggalkan busana, atau melakukan kegiatan seksual. Dari aktivitas ini, seorang pelaku voyeurisme akan  memperoleh kepuasan seksual. Mengintip menjadi cara eksklusif atau satu-satunya cara untuk mendapatkan kepuasan seksual. Artinya, pelaku voyeurisme sama sekali tidak menginginkan berhubungan seksual dengan orang yang diintip.
Jika sangat mengganggu kami sarankan untuk membawa adik sobat ke dokter ahli kejiwaan/psikiater untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail dan bisa diberikan penanganan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.