lendir vagina berlebihan

dok sy mau tanya, sy ada keluhan lendir berlebihan ketika masa subur, dan juga terlalu becek kalo sedang berhubungan dengan suami,apakah ada obat untuk mengurangi lendirnya? trs kan ada jamu rapet wangi produksi deltomed, apakah itu boleh sy minum atau tidak ya? supaya vagina sy agak kesat.. terimakasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

Staff 15/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Cairan vagina yang berebihan di saat masa subur (ovulasi) adalah hal yang normal terjadi. Saat ovulasi umumnya disertai dengan keluarnya lendir vagina yang berwarna jernih dengan konsistensi seperti putih telur. Lendir dapat cukup banyak hingga membasahi pakaian dalam, tidak berbau, dan tidak gatal/nyeri. Begitu pun saat berhubungan intim, merupakan hal yang normal jika keluar lendir yang sangat banyak, hal tersebut berfungsi untuk memudahkan penetrasi dan mencegah lecet saat penetrasi. 
Tetapi jika cairan berlebihan, berbau, gatal atau menimbulkan rasa nyeri hal ini perlu diwaspadai karena dapat disebabkan oleh hal lain seperti misalnya infeksi pada organ kewanitaan. Berikut beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi cairan vagina berlebihan seperti:

  • Membasuh organ intim dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk sebelum berhubungan
  • Hindari menggunakan sabun pembersih vagina karena dapat mempengaruhi pH normal vagina
  • Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, gunakan celana yang lebih longgar dan berbahan katun agar suhu di area vagina juga terjaga

Mengenai produk yang sobat sebutkan perlu diketahui sebenarnya belum ada pembuktian secara medis yang cukup bahwa jamu tersebut dapat membuat lendir vagina berkurang. Sebaiknya ikuti langkah di atas tanpa mengkonsumsi oabt-obatan tertentu. Jikalau keluhan memburuk sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter kandungan agar sobat bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.