tumor

maaf ya dok sy mau tanya ibu tgl 25-1-19 ctscan kt dokter hasilnya tumor lalu dilakukan operasi pengangkatan tumor trs sekarang kt dokter hrs kemoterapi trs kata dokter sama ibu sy penyakitnya gk bisa sembuhkan apa benar begitu dok? terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 13/02/2019
Public

Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Tumor adalah benjolan yang tumbuh pada tubuh manusia. Pada setiap manusia mempunyai sel noplasma, jika sel neoplasma tersebut mengalami perubahan sifat sehingga mengakibatkan sebagian besar energi sel teresebut untuk berkembang biak. Pertumbuhan yang tidak terkontrol ini sering terjadinya secara cepat dan dapat mengarah ke tumor jinak atau tumor ganas. 
Tumor jinak biasanya tidak menginvasi dan tidak menyebar ke jaringan lain, dan biasanya tidak mengancam nyawa kecuali tumor tersebut terletak di organ vital. Sedangkan tumor ganas dapat menginvasi dan menyebar ke jaringan lain bahkan dapat menimbulkan kematian.
Tumor dikatakan jinak apabila dari gambaran mikroskopik dan makroskopiknya dianggap relatif aman, yang mengisyaratkan bahwa tumor tersebut akan tetap terlokalisasi & tidak dapat menyebar ke tempat lain,  pada umumnya dapat dikeluarkan dengan tindakan bedah lokal.
Sedangkan tumor diakatakan ganas apabila, tumor melekat erat ke semua permukaan yang dipijaknya.  Ganas apabila diterapkan pada neoplasma menunjukkan bahwa lesi dapat menyerbu dan merusak struktur didekatnya dan menyebar ke tempat jauh (metastasis) serta menyebabkan kematian.
Pada ibu anda kemungkinan pada pemeriksaan fisik dicurigai tumor jinak, tetapi setelah dilakukan pembedahan dan dilakukan pemeriksaan mikroskopik menunjukkan bahwa suatu keganasan sehingga direncanakan untuk kemoterapi oleh dokter.
Semoga bermanfaat, dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.