1 Jawaban Dokter

Staff 09/02/2019
Public

Selamat siang sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan BAB bayi berwarna hijau, yaitu:
Makanan dan Obat yang Dikonsumsi Ibu Menyusui
Bagi ibu menyusui yang mengonsumsi banyak sayuran hijau atau makanan dan minuman yang mengandung pewarna makanan hijau, kondisi ini dapat mengubah warna ASI dan kotoran bayi menjadi berwarna hijau. Selain itu, beberapa jenis obat-obatan yang dikonsumsi ibu menyusui seperti antibiotik dan suplemen zinc dapat juga menyebabkan hal yang sama.
Bayi sedang sakit
Perut bayi yang terserang virus akan berdampak pada warna kotorannya dan juga konsistensi dalam BAB, terutama saat terserang diare.
Bayi yang mengonsumsi susu formula.
Faktor foremilk atau hindmilk
Keseimbangan pasokan foremilk dan hindmilk sangat penting bagi bayi. Foremilk adalah ASI encer yang keluar pertama ketika ibu menyusui. Sedangkan hindmilk adalah ASI yang lebih kental dan muncul pada saat akhir proses ibu menyusui. Umumnya, foremilk memiliki kandungan kalori rendah dan tinggi laktosa, sedangkan hindmilk memiliki kandungan lemak yang tinggi. Bayi yang mengonsumsi terlalu banyak foremilk bisa menyebabkan BAB berwarna hijau. Biasanya disebabkan karena proses menyusui di masing-masing payudara kurang lama.
Bayi sensitif dan alergi
Makanan yang dikonsumsi bayi
Saat bayi Anda mulai dikenalkan makanan padat, maka akan berpengaruh pada warna kotorannya. Warna hijau pada BAB bayi juga bisa berasal dari makanan seperti bubur kacang, kacang polong, dan bayam.
 
Dalam banyak kasus, BAB bayi berwarna hijau dapat disertai dengan diare. Pastikan anak sobat mendapatkan banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Jika kotoran berwarna hijau tidak hilang dalam beberapa hari, disarankan segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.