Muntah

Siang dok anak saya umur 3 minggu
di minggu ke 2 mulai muntah2 terus itu kenapa ya dok?
Untuk informasi karena ASI saya belum cukup jd dicampur dengan formula.
Mohon penjelasannya ya dok dan apa yg harus dilakukan.
Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 08/02/2019
Public

Selamat siang sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Anak usia dibawah 6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI.
Sebelumnya pastikan terlebih dahulu apakah anak sobat  muntah atau gumoh. Gumoh adalah hal yang biasa terjadi pada bayi dan ini bukanlah muntah yang sebenarnya. Hal ini tidak perlu dicemaskan jika tetap tampak sehat. Pada gumoh, biasanya bayi hanya mengeluarkan/memuntahkan kembali sedikit susu yang dikonsumsinya.
Perlu diketahui bahwa bayi mengalami muntah merupakan hal yang biasa terutama saat usianya masih beberapa minggu atau yang sering disebut dengan gumoh. Kejadian ini diakibatkan karena cincin otot penghubung esofagus/tenggorokan dengan bagian lambung tidak dapat menutup dengan sempurna. Keluhan semacam ini akan membaik seiring  dengan bertambah usianya hingga pada umumnya menghilang saat ia telah berusia 4 atau 5 bulan.
Selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa Penyebab Bayi Muntah yang perlu diketahui :

  1. Bayi terlalu aktif
  2. Posisi anak saat diberikan susu tidak tepat (telentang)
  3. Melebihi kapasitas lambung bayi
  4. Fungsi pencernaan terganggu
  5. Alergi susu sapi
  6. Tidak cocok susu formula
  7. Stenosis pilorus : Kondisi dimana bayi mengalami muntah karena merupakan kelainan bawaan dan pada umumnya terjadi pada beberapa minggu awal bayi lahir dan jarang sekali dimulai saat bayi telah berusia 6 bulan. Pada kondisi ini, otot bayi yang bertugas melakukan kontrol pada saluran tempat lewatnya makanan dalam hal ini susu formula dari lambung menuju usus mengencang atau menebal, sehingga susu tidak dapat melewatinya. Sebagai akibatnya lambung dan seluruh isinya akan naik kembali ke atas dan dikeluarkan dalam bentuk muntahan

Jika keluhan muntah menganggu proses makan anak Sobat, sebaiknya dibawa untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis anak agar penyebab sebenarnya dari muntah anak dapat diketahui dan ditatalaksana dengan tepat sebelum anak sobat mengalami gangguan pertumbuhan lebih lanjut.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.