Pedoman pemberian Antibiotik

saya ingin bertanya, apakah ada aturan baku atau pedoman pemberian antibiotik pada anak ataupun pada dewasa dengan diagnosis ISPA, misalnya faringitis atau tonsilitis akut tanpa detritus? mengingat pemeriksaan fisik pada kasus oleh karena virus atau bakteri sedikit susah dibedakan, apalagi yang berlangsung baru bbrp bari. Dulu masih mengunakan Centor score utuk pemberian antibiotik, apakah skor tsb masih valid digunakan? 

1 Jawaban Dokter

Staff 08/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Untuk pemberian antibiotik hanya diberikan pada infeksi akibat bakteri. Antibiotik tidak boleh digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang dialami. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik yang aman selalu memerlukan petunjuk dari dokter yang telah terlatih secara medis untuk bertahun-tahun.
Untuk memastikan penyebab dari sakit tenggorokan merupakan virus atau bakteri, sobat harus memeriksakan diri ke dokter. Jika dirasa perlu, dokter akan melakukan uji sample tenggorokan. Ada kriteria juga untuk pemberian antibiotik yang dinamakan Centor Criteria. Kriteria ini dokter yang bisa menentukan. Jika tidak ada pemeriksaan lebih lanjut, sakit tenggorokan umumnya dianggap infeksi virus.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.