Bagaimana cara agar kaki tak kebas dan dingin?

Siang bu/pak dokter. Saya adalah perempuan berusia 20 tahun, tinggi saya 150 cm dan berat badan 50 an kilogram. Saya akhir akhir ini sering keringetan berlebihan yang rasanya mirip keringat dingin (saya cukup sering keringat dingin) sampai rasanya lemas hingga tangan dan kaki sedikit kebas namun masih bisa digerakan. Namun dari kemarin, saya mendapati kaki saya sulit digerakan, rasanya lemas, kaku dan dingin ketika dipegang, dan baru bisa berdiri kalau saya mencoba menggerakan badan dulu dengan lantai baru mencoba menguatkan pondasi berdiri dari duduk.

Selama dan sesudah keringatan, rasanya badan saya sangat capek dan ngantuk tak tertahankan (pernah tidur sambil berdiri saking lemasnya). Leher, bahu, kaki dan punggung biasanya terasa dingin dan lemas saat terasa mengantuk. Saya biasanya keringatan saja tanpa demam atau merasa kepanasan sedikitpun dan hanya wajah saja yang pucat atau terlihat lelah, kadang juga mual (meski dari maag juga bisa kalau mual atau panik)

Jika data ini menolong, saya bisa sampaikan kalau mempunyai ‘migraine’ (lebih cocoknya kayak kepala berdenyut terasa sampai rahang sebelah kanan) yang sudah terjadi 24 jam semenjak 4 tahun lalu

1 Jawaban Dokter

Staff 08/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
 Jika dirasakan berkeringat namun badan terasa dingin, hal tersebut bisa merupakan tanda dari keadaan tertentu yaitu:

  1. Rasa takut, cemas, panik
  2. Infeksi
  3. Tekanan darah rendah
  4. Gula darah rendah
  5. Kurang oksigen
  6. Rasa sakit dan nyeri
  7. Serangan jantung
  8. Syok (saat aliran darah menuju otak atau organ-orang tubuh yang vital lainnya secara tiba-tiba berkurang atau berhenti)
  9. Gangguan sistem imun
  10. Efek samping obat-obatan tertentu

Untuk meredakan keringat dingin, cobalah untuk menarik napas dalam selama beberapa kali hingga merasa lebih tenang. Pastikan juga sobat menjaga pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Jika keringat dingin disertai dengan gejala diatas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar dapat dicari penyebab keluhan sobat. 
Untak migrain yang dirasakan sobat bisa melakukan penanganan mandiri berupa:

  • Beristirahat atau tidur di kamar yang sepi dan gelap.
  • Memijat kepala atau pelipis.
  • Kompres dingin di atas dagu atau di belakang leher.
  • Melakukan relaksasi otot.

Jika penanganan mandiri belum dapat mengatasi gejala migrain, maka penderita dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.
Jika keluhan tidak membaik sebaiknya sobat konsultasikan ke dokter saraf agar sobat bisa mendapatkan terapi yang lebih tepat. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.