setelah sakit gondongan sembuh anak saya masih tidak mau menggerakkan leher tidak mau menengok dan merebahkan badan katanya sakit

anak saya terkena gondongan , seminggu kemudian sembuh tidak bengkak dan tidak demam, tetapi anehnya dia bidak mau menggerakkan lehernya, kalau tidur merebahkan badan juga tidak mau padahal kalau sudah tidur ya biasa bolak-balik badan tidak sakit.

1 Jawaban Dokter

Staff 07/02/2019
Public

Selamt Pagi
Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Penyakit gondongan atau parotitis atau mumps adalah penyakit menular yang disebabkna oleh infeksi virus (paramyxovirus) dan menyerang jaringan kelenjar dan saraf. Penyakit ini sering menyerang pada anak-anak usia 5-10 tahun dengan gejala khas yaitu rasa nyeri dan bengkak pada salah satu atau kedua kelenjar leher. Virus penyebab gondongan dapat menyebar melalui kontak langsung dengan percikan ludah, bahan muntahan dan urin. Gejala awal penyakit gondongan yaitu demam, lesu, nyeri otot terutama pada leher, nyeri kepala, nafsu makan menurun, disertai dengan pembesaran salah satu atau kedua kelenjar leher.
Perlu diingat bahwa parotitis dapat sembuh sendiri. Pengobatan dapat dilakukan dengan meredakan gejalanya saja, seperti anti nyeri dan anti demam. Jika sudah sembuh dan masih ada rasa nyeri mungkin itu adalah sisa gejala dari penyakit gondongan. Jika masih nyeri dapat diberikan anti nyeri, namun jika setelah pemberian anti nyeri tidak ada perubahan atau semakin memberat silahkan periksa ke dokter anak terdekat.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.