dada sebelah kiri terasa sakit jika di sentuh, apa yang saya derita?

hallo dokter,
sejak kemarin saya merasa dada sebelah kiri saya terasa skait jika disentuh, lompat, gerak berlebihan, dan ganti posisi tidur. sbelumnya saya dikantor merasa kedinginan luar biasa sampai, kepala, tangan, pundak, dan kaki terasa beku. ketika pulang kantor saya mengendarai motor dengan rasa dingin sampai dada saya sesak dan nafas sedikit terenga-enga. akhirnya besoknya saya panggil tukang pijet untuk di kerok dan di pijet seluruh tubuh. nah akhirnya hari ini saya ngerasa dada saya ketika bernafas sedikit terenga-enga, dada sebelah kiri jika di sentuh sakit (dr atas payudara sebelah kiri sampai ketengah tengah payudara).
sebenarnya apa yang sednag saya alami dok?

terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 07/02/2019
Public

Selamat pagi sobat
Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanya dok
Nyeri dada sebelah kiri merupakan keluhan yang hampir sering di temukan. Ada 2 macam nyeri dada :

  • Nyeri dada pleuritik, nyeri ini biasanya disebabkan karena ada infeksi paru. Nyeri bersifat tajam dan seperti ditusuk, nyeri akan bertambah jika batuk atau bernafas dalam, dan nyeri ini akan berkurang jika menahan nafas dan menahan gerak pada sisi dada yang sakit.
  • Nyeri dada non pleuritik, nyeri ini biasanya disebabkan oleh kelainan di luar paru. Ada berbagai macam nyeri dada non pleuritik
    • Jantung, nyeri dengan rasa tertekan yang menjalar ke bagian ketiak dan turun ke bagian lengan kiri. Nyeri juga dapat menjalar ke lambung/ulu hati, leher, rahang. Biasanya juga dapat disertai dengan keluar keringat berlebihan dan sesak nafas.
    • Saluran Pencernaan, nyeri ini hampir menyerupai dengan nyeri pada jantung. Biasanya pasien mengeluh nyeri ulu hati, begah, sesak nafas, mual bahkan bisa disertai muntah, tapi tidak ada keluar keringat yang berlebihan. Keganasan pada esofagus dapat menimbulkan nyeri dada.
    • Otot, biasanya dikarenakan ada trauma. Sifat nyeri hanya setempat tidak menjalar. Timbulnya nyeri ini biasanya setalah melakukan aktivitas fisik, nyeri bertambah jika bernafas dalam.
    • Fungsional, biasanya disebabkan karena kecemasan. Nyeri ini bisa mengakibatkan rasa tidak enak dada dan sesak.

Jika nyeri dada yang dirasakan semakin memberat, silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.
Terima kasih, semoga membantu 🙂 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.