hidung tersumbat

setiap bangun pagi saya pasti bersin ga berhenti2. rasanya tersumbat jadinya saya sering berisik srat srot gitu dok. kadang keluarnya ingus hijau tapi klo keseringan jadi putih. dr hasil konslutasi alergi dingin dn pasti hanya dikasih obat tapi hanya meredakan sementara. kira2 kenapa dn bisa sembuh ga ya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 06/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Keluhan yang sobat rasakan merupakan Rhinitis, yaitu peradangan atau iritasi yang terjadi pada membran mukosa di dalam hidung. Rhinitis terdapat rhinitis alergi dan nonalergi. 
Pada rhinitis alergi, gejala muncul sesaat setelah terpapar oleh alergen seperti debu, serbuk sari bunga, atau bulu hewan. Apabila parah, gejala ini dapat berlangsung sepanjang hari sehingga mengganggu tidur dan kegiatan sehari-hari. Namun, kebanyakan penderita rhinitis hanya mengalami gejala ringan yang mudah diobati secara efektif. Pada rhinitis alergi, sering kali gejala muncul pagi hari,  karena adanya perubahan suhu yang mempengaruhi mukosa didalam hidung dan meyebabkan produksi lendir meningkat. Apabila parah, gejala ini dapat berlangsung sepanjang hari sehingga mengganggu tidur dan  aktiivtas. Namun, kebanyakan penderita rhinitis hanya mengalami gejala ringan yang mudah diobati secara efektif.  Pada orang dengan riwayat alergi, bisa jadi keluhan tidak hanya sebatas rhinitis saja, tapi juga kondisi lain seperti ruam kulit, hingga reaksi fatal  syok anafilaksis.  Tes uji kepekaan kulit (skin prick test) dapat sangat bermanfat untuk mengetahui profil alergi, agar dapat diketahui zat apa saja yang harus dihindari.
Sobat bisa melakukan perawatan rhinitis di rumah dengan obat-obatan yang dijual secara bebas, seperti antihistamin. Namun apabila bertambah parah, dibutuhkan penanganan oleh dokter ahli THT. Komplikasi rhinitis yaitu sinusitis, polip hidung dan infeksi telinga tengah.
Berikut beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mengurangi keluhan yang dirasakan:

  • Beristirahat dan tidur yang cukup
  • Mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Minum cukup air putih 
  • Menjaga kebersihan tempat tidur, kamar dan lingkungan rumah dari debu tungau
  • Membersihkan perabotan rumah secara rutin terutama kipas dan AC
  • Jaga ruangan tetap hangat
  • Mencuci sprei, selimut dan tirai dengan air panas untuk membunuh tungau
  • Hindari menggunakan bahan berbulu dan hewan perliharaan.
  • Berolahraga secara teratur dapat mengurangi timbulnya reaksi alergi

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.