1 Jawaban Dokter

Staff 04/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok. 
Air mineral adalah air yang mengandung mineral di dalamnya, baik alami atau buatan. Air mineral memiliki mineral dalam jumlah besar atau sedikit. Komponennya sendiri bermacam-macam dan bisa termasuk seng/zinc, zat besi, kalsium, dan magnesium.  Air mineral merupakan sumber nutrisi yang baik dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Air mineral biasanya memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan air putih atau air biasa.
Minum banyak air bermanfaat baik bagi tubuh, tetapi bukan berarti harus mengonsumsi air dalam jumlah yang sangat banyak. Mengonsumsi terlalu banyak air justru bisa memberikan efek negatif pada tubuh, terutama untuk ginjal. Bila sobat terlalu banyak minum air maka akan meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya. Beban ginjal akan semakin meningkat dengan banyaknya air yang harus disaring melalui glomerulus.
Berikut rumus penghitungan kebutuhan cairan yang sebaiknya disesuaikan dengan berat badan sobat :

  • 1 liter air untuk 10 kilogram berat badan pertama
  • 500 ml air untuk 10 kilogram berat badan kedua
  • 20 ml air per kilogram berat badan sisanya

Contohnya, bila seseorang memiliki berat badan 50 kg. Maka 10 kg pertama berat badan = 1 liter (1.000 ml), 10 kg kedua = 500 ml, sisanya berat badan 30kg  x 20 ml = 600 ml. Jadi kebutuhan cairan keseluruhan adalah 1.000 + 500 + 600 = 2.100 ml atau 2,1 liter per hari.
Selama meminum air mineral cukup dengan kebutuhan cairan harian, maka tidak ada yang perlu khawatirkan karena beban ginjal tidak terlalu berat.
Hal tersebut berbeda pada kondisi medis tertentu seperti sudah ada kelainan pada ginjal maka sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai jumlah cairan dalam 1 hari berapa yang dibutuhkan agar tidak memperberat kerja ginjal.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.