Bagaimana menghilangkan cegukan yang tidak bisa berhenti?

Pagi dok, saya Wina 28th,
Pada hari minggu 27 januari 2019 saya memeriksa ke dokter terkait dengan keluhan mual mual, oleh dokter saya diberi resep Polycrol, curcuma dan tyamchin. Setelah 3 hari kondisi saya malah memburuk, mual muntah dan asam lambung naik setiap saat. Saya kemudian periksa lagi ke dokter specialis Gastro, pada Rabu malamnya, oleh dokter saya diberikan resep polycrol, tilidon dan pumpitor omeprazole. Setelah mengkonsumsi obat tersebut selama 3hari kondisi saya sedikit membaik. Mual nyaris hilang dan asam lambung berkurang. Namun sudah 2 hari timbul cegukan setiap satu jam yang tidak bisa hilang. Saya sdh gunakan berbagai cara tp cegukan tidak kunjung hilang.
Pertanyaan saya
1) Apakah cegukan ini bagian dr penyakit lambung dan apakah ini berbahaya?
2) saat cegukan saya merasa telinga saya agak tertutup, begitu jg kerongkongan terasa ada ganjalan. Apakah itu juga bagian dr asam lambung
3) adakah obat aman yg bs diberikan untuk mengatasi cegukan? Karena saya sangat terganggu n tidak bs tidur. Terkadang cegukan ini beberapa kali hingga saya kejang

Trims dokter , smoga sgera dibalas.

1 Jawaban Dokter

Staff 04/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Cegukan merupakan efek dari kontrakasi otot diafragma yang terjadi tiba-tiba dan diikuti penutupan saluran pernapasan sehingga mengeluarkan suara ‘hik’. Cegukan terbagi menjadi cegukan sementara yang berlangsung beberapa detik atau menit, dan cegukan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 48 jam.
Cegukan sementara dapat dipicu oleh beberapa kondisi yang membuat lambung melebar dan iritasi, sehingga menekan diafragma. Selain pelebaran lambung, perubahan suhu secara tiba-tiba, dan merasa gugup, terlalu bersemangat, atau stres juga dapat memicu timbulnya cegukan yang timbul secara sementara. Sementara itu, cegukan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 2 hari dapat dipicu oleh kelainan pada diafragma yang bersifat serius, dan keluhan baru akan hilang setelah penyebabnya teratasi. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Gangguan sistem pencernaan, seperti gastritis, tukak lambung, pankreatitis, kanker pankreas, karsinoma lambung, penyakit peradangan usus, obstruksi usus, atau hepatitis.
  • Gangguan saraf di daerah leher dan diafragma
  • Gangguan sistem saraf pusat, contohnya stroke, meningitis, ensefalitis, abses otak, tumor otak, multiple sclerosis, dan hidrosefalus.
  • Gangguan rongga dada, misalnya pneumonia.
  • Gangguan jantung dan pembuluh darah.
  • Gangguan mental, misalnya anoreksia dan skizofrenia.

Cegukan yang berlangsung sementara dapat hilang sendiri tanpa penanganan medis. Beberapa cara mandiri berikut ini dapat dilakukan untuk meredakannya:

  • Menahan napas
  • Mengambil napas dalam
  • Bernapas dalam kantong kertas
  • Mengonsumsi jahe segar
  • Mengisap lemon
  • Minum air hangat atau madu secara perlahan
  • Berkumur

Sedangkan pada cegukan yang disebabkan oleh suatu kondisi medis tertentu, perlu dilakukan penanganan terhadap kondisi yang melatarbelakangi cegukan tersebut terlebih dahulu. Jika keluhan makin mengganggu kami sarankan untuk konsultasikan langsung ke dokter penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan sobat bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.