Muncul gumpalan darah di hari pertama haid

Halo dok, saya ingin bertanya mengenai haid. Saya perempuan, usia 20 tahun. Haid saya teratur dok, tapi di hari pertama dan hari kedua itu selalu sakit di bagian pinggang dan paha, bahkan saya pernah sampai tidak bisa bangun dari kasur karena disertai gejala pusing, mual, dan diare. Sakitnya luar biasa. Dan juga di hari pertama tersebut selalu ada gumpalan darah (atau mungkin jaringan, saya kurang paham) berwarna merah pucat atau terkadang merah pekat atau bahkan abu – abu (seringnya abu dan merah pucat) Bentuknya memanjang seperti tali, dan seperti ada bulatan kecil di bagian ujungnya. Kira – kira kenapa ya dok? saya pernah baca, bahwa bisa jadi itu merupakan pertanda keguguran, namun saya belum pernah melakukan hubungan intim sama sekali. Terimakasih, mohon dijawab ya dok ūüôā

1 Jawaban Dokter

Staff 04/02/2019
Public

Selamat pagi sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Mendekati masa menstruasi, lapisan rahim akan mengalami penebalan yang digunakan untuk mempersiapkan diri sebagai tempat penempelan sel telur yang berhasil dibuahi. Jika sel telur tidak dibuahi, jaringan dari lapisan rahim akan meluruh bersama dengan darah. Zat kimia bernama prostaglandin akan dilepaskan dan memicu peradangan. Nah, kondisi ini memicu kontraksi otot, alias kram pada perut. Kram pada perut normalnya dirasakan pada hari pertama hingga hari ke tiga menstruasi.
Menstruasi berkaitan dengan hormon yang ada di seluruh tubuh, hal tersebut menyebabkan warna darah menstruasi memiliki arti khusus untuk melihat kondisi kesehatan sobat.

  • Merah muda menandakan kadar estrogen dalam tubuh kurang.
  • Merah pudar berair menandakan kemungkinan sobat mengalami anemia atau kekurangan zat besi.
  • Cokelat tua¬†terjadi jika¬†kadar progesteron dalam rahim rendah, karena darah butuh waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Hal ini normal dialami oleh wanita yang siklus haidnya tidak teratur.
  • Merah strawberry akibat adanya ketidakseimbangan hormon progesteron dan esterogen.
  • Merah tua menandakan semua organ bekerja dengan baik, hormon esterogen dan progesteron pun seimbang. Biasanya warna ini terlihat setelah dua hari pertama datang bulan. Setelahnya, warna darah haid akan semakin cerah dan memiliki tekstur yang licin mirip agar-agar. Artinya darah bercampur dengan lendir serviks dan sobat¬†dalam kondisi yang sehat.
  • Oranye dan abu-abu agak hitam perlu diwaspadai karena mengindikasikan adanya infeksi di sekitar rahim

Gumpalan darah saat menstruasi umumnya disebabkan pelepasan senyawa antikoagulan yang bertugas mengencerkan darah, tidak punya cukup waktu untuk menjalankan fungsinya. Terutama saat haid cukup banyak. Bentuk dari gumpalan darah saat haid umumnya menyerupai gel, dengan warna merah hingga merah tua kecokelatan. Darah menggumpal dianggap normal bila gumpalan berukuran kecil dan hanya terjadi sesekali. Kondisi tidak normal dari darah yang menggumpal saat haid yaitu ketika gumpalan darah tampak lebih besar dan sering muncul, atau tidak kunjung berkurang. Terutama jika sobat harus mengganti pembalut tiap dua jam atau kurang dari itu.
Penyebab dari munculnya gumpalan yang tidak normal adalah sebagai berikut:

  • Ketidakseimbangan hormon
  • Miom
  • Endometriosis
  • Adenomiosis
  • Keguguran
  • Keganasan (Kanker)

Jika sobat mencurigai adanya warna darah menstruasi dan gumpalan yang tidak normal, sebaiknya sobat konsultasikan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.