1 Jawaban Dokter

Selamat siang Sobat
Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok
Eksim atau dalam bahasa kedokteran disebut dermatitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada kulit. Eksim memiliki gejala seperti sangat gatal, kemerahan, bengkak, pecah-pecah, kering, bersisik, dan jika terjadi infeksi dapat timbul benjolan seperti lepuh yang mengeluarkan air.
Sebelum menentukan penanganan yang tepat untuk eksim, haruslah terlebih dahulu menentukan penyebab yang mendasari munculnya eksim yang secara garis besar terbagi menjadi iritan atau alergi. Apakah Sobat pernah melakukan kontak dengan zat yang menyebabkan iritan seperti zat kimia? Jika Ya, berarti kamu terkena dermatitis kontak iritan. Penanganannya adalah dengan menghindari kontak dengan iritan dan bisa diberikan juga tambahan obat antihistamin untuk mengurangi gatal yang timbul. Apakah keluhan yang kamu rasakan sering berulang terutama pada pemicu yang sama? Jika Ya, maka kamu terkena dermatitis atopik/alergi. Cara penanganannya adalah dengan mengurangi stress, hindari pemicu, jaga agar kulit tetap lembab, hindari menggaruk, dan mandi dengan air yang hangat. Obat yang diberikan dapat berupa obat antiinflamasi, antihistamin, dan obat untuk memperbaiki kondisi kulit seperti keratolitik.
Saya sarankan untuk sebelum membeli obat-obat tersebut untuk mengkonsulkan kondisi Sobat pada dokter kulit terlebih dahulu karena kemungkinan penyakit yang mirip dengan eksim sangat banyak. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Sobat dan tentunya akan didapatkan penanganan yang lebih tepat.
Semoga jawaban ini dapat bermanfaat bagi sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.