1 Jawaban Dokter

Selamat pagi, Sobat
Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok
Dalam hal ini, Sobat menyertakan salah satu hasil pemeriksaan apusan darah tepi. Sediaan apusan darah tepi dapat menunjukkan hal yang lebih spesifik daripada hasil pemeriksaan darah rutin biasa. Tujuan pemeriksaan darah rutin adalah untuk mengetahui nilai sel-sel dalam darah sedangkan apusan darah tepi bertujuan untuk menilai unsur sel darah seperti eritrosit, leukosit, dan trombosit dari segi morfologi.
Eritrosit (sel darah merah) berinti adalah eritrosit yang belum matang. Pada orang dewasa, hal ini menunjukkan adanya permintaan produksi sel darah merah yang tinggi sehingga dilepaskannya sel darah merah yang belum matang ke peredaran darah. Keadaan ini biasa kita jumpai pada kondisi anemia, thalasemia, ataupun kelainan pada sumsum tulang. Berdasarkan data yang Sobat berikan, terdapat 11 eritrosit berinti dalam 100 leukosit menandakan bahwa perlu dilakukan perhitungan ulang terhadap jumlah leukosit. Hal ini disebabkan karena morfologi eritrosit berinti dan limfosit yang serupa sehingga terkadang mesin menginterpretasikan eritrosit berinti sebagai limfosit sehingga menaikkan jumlah leukosit dalam darah.
Pada umumnya, suatu diagnosa dapat ditegakkan setelah dilakukannya anamnesa menyangkut keluhan pasien dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah/urin ataupun rontgen/CT Scan/MRI dilakukan hanya untuk mendukung dan memastikan diagnosa yang muncul. Pemeriksaan penunjang tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa melihat keluhan ataupun memeriksa keadaan pasien. Oleh karena itu, saya sarankan Sobat berkonsultasi dengan dokter yang meminta dilakukannya pemeriksaan lab ini untuk mendapatkan penjelasan terkait kondisi Sobat.
Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi Sobat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.