sakit kepala

kepala terasa berat, ada riwayat vertigo. tapi sering kepala terasa berat dan pundak jadi kaku. padahal tidak sedang banyak pikiran makan banyak dan tidur cukup tapi kepala terasa berat saja

1 Jawaban Dokter

Staff 30/01/2019
Public

Selamat Pagi Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok.
sebagian besar nyeri kepala didaerah belakang dan leher disebabkan oleh Tension Type Headache (TTH). bila keluhan kepala seperti tertindih benda  berat/diikat dan melibatkan otot leher maka kemungkinan anda mengalami TTH. sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku dibagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot lainnya di tubuh.
beberapa faktor pemicu TTH antara lain :

  1. stres : biasanya sakit kepala timbul pada siang atau sore hari setelah stres bekerja.
  2. gangguan tidur
  3. posisi tubuh yang salah saat bekerja
  4. waktu makan yang tidak teratur
  5. kelelahan mata

jika tidak ada gejala lain seperti kelemahan sisi tubuh, kesemutan, kejang, gangguan penglihatan, intensitas nyeri yang semakin bertambah berat, demam, penurunan berat badan, mua/muntah, anda tidak perlu khawatir karena kemungkinan anda hanya mengalami TTH. 
apabila dengan obat pereda nyeri keluhan tidak membaik atau justru memberat maka sebaiknya sobat berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut.
demikian, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat..

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.