1 Jawaban Dokter

untuk anak 12 bulan perlunya makan padat 3x +2 snack bu. susu hanya pendamping bu. untuk alergi susu sapi, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi ada baiknya saat ini anak ibu dicoba untuk konsumsi susu sapi kembali agar variasi makanannya menjadi lebih baik dan bila diperlukan dapat mencoba susu dengan kalori yang lebih tinggi. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali sampai anak berusia 2 tahun, lalu coba kembali.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

bila ternyata masih susu yang boleh digunakan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

tp jangan lupa gunakan tahap 3. bila sudah tidak alergi susu sapi, gunakan nutrid*in* bu tinggi kalori.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.