Telapak tangan selalu berkeringat

Dok saya punya anak, ketika ia masih sd telapak tangannya mulai berkeringat. Sekarang anak saya sudah sampai ke tingkat smp namun keringat yang ada di telapak tangannya bukan berkurang bahkan semakin banyak. Jadi Dok, menurut dokter gimana atas keluhan saya apakah ada gejala penyakit dengan anak saya?

1 Jawaban Dokter

Selamat siang Sobat.
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok.
Kondisi telapak tangan atau area tubuh lain yang berkeringat berlebih disebut hiperhidrosis. Tangan berkeringat normal terjadi karena aktivitas fisik pada udara panas, demam, dan faktor psikis. Faktor psikis dapat mengaktivasi sistem saraf berlebih dan memicu kelenjar keringat. Tanyakan kepada anak Sobat apakah merasakan gejala lain seperti sering gugup, gelisah, stress, sulit konsentrasi, gangguan tidur, ataupun cemas berlebih.
Jika anak berkeringat tanpa sebab yang jelas, dapat disebut Hiperhidrosis primer. Penyebab kondisi ini belum bisa dipastikan, namun biasanya bersifat herediter (turunan).
Sebagian besar hiperhidrosis merupakan kondisi yang normal. Namun bila sudah mengganggu aktivitas sehari-hari atau ditemukan keluhan lain, sebaiknya Sobat konsultasikan kepada dokter untuk diperiksa lebih lanjut.
Semoga jawaban ini membantu Sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.