Terasa gatal dan kemerahan di payudara kiri saat di kompres

Siang dokter. Saya seorang perempuan berusia 19 tahun (menuju 20). Sekitar bulan Mei tahun lalu saya pergi ke dokter untuk memeriksa payudara saya karena teraba ‘ada yang keras’ di payudara kiri. Lalu kata dokter bukan gejala kanker payudara. Dokter bilang, ada yang mengeras seperti ini karena gumpalan akibat BH yang terlalu kencang. Lalu saya disarankan untuk mengompres 3x sehari dan menngganti BH dengan ukuran yang tepat. Tetapi saya malah lalai, dok. Saya tidak mengompres dan belum mengganti BH dengan ukuran yang pas. Baru akhir-akhir ini saya melakukan saran dokter. Saya mengompres payudara dengan air hanngat dalam plastik agar lebih mudah. Baru 3 hari saya melakukan kompres 3x dalam sehari. Dan pagi ini saya merasa gatal di payudara yang di kompres. Lalu saya lihat, dan ternyata ada kemerahan di payudara kiri tsb dokter. Saya tidak tahu efek apa kemerahan tsb. Mohon penjelasannya😢

1 Jawaban Dokter

Selamat siang Sobat
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok.
Untuk keluhan yang sobat sampaikan terkait benjolan dan merah pada payudara, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya.
Jika benjolan tersebut tidak terasa sakit, tidak membesar secara cepat, konsistensinya padat, mudah digerakkan, dan berbentuk bulat dengan tepi rata, kemungkinan besar benjolan tersebut adalah Fibroadenoma. Fibroadenoma Mammae (FAM) adalah tumor jinak yang paling umum muncul pada wanita muda usia 15-30 tahun.
Jika benjolan tersebut disertai nyeri, membesar dengan cepat, tepi tidak rata, dan disertai kelainan payudara lain seperti puting tertarik, kulit payudara seperti kulit jeruk, keluar cairan dari puting, ataupun adanya benjolan pada area ketiak maka terdapat kemungkinan adanya tumor yang mengarah ke keganasan.
Jinak atau ganasnya benjolan ditentukan oleh pemeriksaan dokter dan hanya dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan patologi anatomi. Saya menyarankan sobat untuk konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk dilakukan pemeriksaan lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.