Apa istri saya akan baik2 saja?

Istri saya hamil anak kedua, usia kandungan 8 bulan, keluhan air liur berlebihan, mual muntah hingga bulan ke 8, pada saat mual muntah jantung berdebar, setelah dilakukan EKG dokter memfonis bahwa istri saya mengidap OMI, tapi saya coba EKG di tempat lain dengan Alat berbeda hasilnya Sinus Rythm, jika ingin melihat hasil EKG kabari saya DOK. kami di rujuk ke RS yang lebih lengkap untuk pemeriksaan lanjutan (ECHO).

Tambahan, anak pertama keluhan mual muntah hingga bulan ke 9, melahirkan normal, istri baik-baik saja, anak juga demikian.

1 Jawaban Dokter

Selamat siang Sobat
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok.
Untuk keluhan istri sobat berupa mual muntah pada trimester akhir, terdapat beberapa penyebab yang dapat mendasari.

  • Gangguan asam lambung. Kejadian ini terjadi bisa karena faktor kehamilan (rahim yang semakin membesar akan menekan lambung, peningkatan hormon terutama progesteron yang menyebabkan lemasnya klep lambung dengan tenggorokan) ataupun karena faktor penyakit lambung (pola makan yang salah, stress, kecemasan,insomnia).
  • Penanda persalinan. Mual muntah yang disertai nyeri pada panggul, perut yang berkontraksi kencang, keluarnya darah atau ketuban merupakan penanda bahwa persalinan sudah dekat. Jika terdapat kondisi seperti yang disebutkan, segeralah konsultasikan kepada Bidan ataupun Dokter terdekat.
  • Preeklampsia. Mual muntah yang disertai pembengkakan anggota tubuh (terutama kaki), gangguan penglihatan, dan sesak napas dapat menjadi penanda eklampsia. Segera bawa ke Bidan atau Dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan urin.

Jika sobat cemas bahwa keluhan istri anda menyangkut jantung (karena adanya dada yang berdebar), maka hasil ECHO dapat memberikan kepastian mengenai kondisi jantung istri anda.
Saya sarankan untuk banyak minum air putih, makan yang teratur, hindari makanan yang memicu produksi asam lambung (makanan pedas, asam, mie, roti, kafein), hindari waktu tidur yang dekat dengan waktu makan (disarankan diberi jarak 2-3 jam antara waktu makan dan tidur), dan rutin untuk memeriksakan keadaan Ibu dan janin ke Bidan atau Dokter.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat dan semoga keadaan Ibu dan Janin sehat selalu 🙂

#1
  1. Makasih banyak dok atas jawabannya, saya agak tenang sedikit, muda-mudahan itu cuman karena peningkatan asam lambung, tapi kami akan tetap melakukan echo untuk pemeriksaan lebih lanjut!
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.