1 Jawaban Dokter

Selamat Pagi, Sobat
Untuk konsultasi mengenai persiapan pernikahan, terdapat beberapa vaksin pranikah yang saya sarankan untuk saudara ambil. Vaksin pranikah ini dapat membantu melindungi saudara dari kemunbgkinan risiko tertular berbagai macam penyakit. Beberapa vaksin tersebut antara lain
-) Vaksin TT. Vaksin ini bertujuan untuk melindungi calon ibu dari risiko penyakit tetanus yang rentan mengenai ibu saat persalinan. Vaksin ini diberikan sebelum menikah (bulan 0), bulan 1, bulan 7, setahun setelah vaksin ketiga, dan setahun setelah vaksin keempat.
-) Vaksin MR. Vaksin ini bertujuan untuk melindungi calon ibu dari penyakit gondongan dan campak. Vaksin ini diberikan satu kali dan tidak boleh diberikan saat hamil.
-) Vaksin HPV. Vaksin ini berfungsi mencegah penyakit akibat virus HPV seperti kanker serviks (pada wanita) ataupun kutil kelamin (pada pria). Vaksin ini diberikan pada bulan 0 (pertama kali vaksin), bulan 1, dan bulan 6
-) Vaksin Hepatitis B. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit hepatitis B, karena penyakit ini dapat meular dari cairan tubuh saat melakukan hubungan seksual. Cara pemberian vaksin ini mirip seperti vaksin HPV (bulan 0,1,6) namun sebelumnya harus dilakukan dahulu tes HBsAg.
-) Vaksin Varicella. Vaksin ini bertujuan mencegah calon ibu dari cacar air dan herpes. Vaksin ini diberikan satu kali dan tidak boleh diberikan pada ibu hamil.
 
Selain pemberian vaksin, pasangan juga dapat melakukan pemeriksaan pranikah, antara lain
-) Tes darah lengkap
-) Tes HBsAg
-) Tes Gula Darah
-) Tes TORCH (Toxoplasma, Other (sifilis), Rubella, Cytomegalovirus, HSV (Herpes simplex virus))
-) Tes infeksi menular seksual
Sobat dapat berkonsultasi dengan dokter untuk dapat melakukan pemeriksaan dan penyuntikan vaksin serta untuk mendapatkan info lebih lanjut.
Semoga jawaban ini dapat membantu sobat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.