gatal dan luka

keluhan utaman kaki gatal dan luka timbul di bagian kanan dan kiri. onset 2 minggu serta merasa kejadian terjadi setelah memakan junkfood 1 minggu dan demam 2 hari sblm kejadian

1 Jawaban Dokter

Staff 25/01/2019
Public

Selamat sore sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Beberapa penyebab munculnya keluhan gatal pada kulit area kaki adalah :

  1. Infeksi bisa disebabkan oleh jamur (kurap), parasit (kudis) dan bakteri (impetigo).
  2. Kondisi kulit yang sangat kering dan menimbulkan iritasi kulit.
  3. Alergi makanan dan bahan yang menempel pada kulit, iritasi bahan pakaian, produk yang digunakan/menempel pada kulit ( deterjen, sabun mandi, sabun cuci tangan, losion tubuh dan wajah). Biasa disebut sebagai dermatitis kontak.
  4. Gigitan serangga, biasanya keluhan muncul sementara dan hilang dengan sendirinya, bila area kulit tidak mengalami infeksi kulit.
  5. Gangguan metabolisme yang memiliki manifestasi kulit seperti gangguan ginjal, Diabetes Melitus yang tidak terkontrol, sirosis hati, gangguan tiroid. Keluhan gatal biasanya seluruh tubuh.
  6. Penyakit Autoimun yang memiliki keluhan kulit, seperti psoriasis
  7. Masalah psikologis seperti kecemasan dan gangguan suasana perasaan, yang kadang muncul gejala fisik berupa gatal dapat di beberapa area atau seluruh tubuh. Akibat garukan keras dan berulang dapat terjadi luka yang terinfeksi.

Sobat dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengurangi gatal dan menjaga kesehatan kulit :

  • Jaga selalu kebersihan kaki
  • Kompres dengan kain bersih yang dicelup air dingin kemudian peras sampai lembab.Kompres pada area kulit yang gatal. 
  • Hindari menggaruk bagian kulit yang gatal, untuk menghindari infeksi oleh kuman karena luka di kulit. Bila gatal tak tertahankan, usap perlahan area yang gatal dengan handuk kering yang lembut.
  • Gunakan sabun mandi yang khusus bagi kulit sensitif. Sesudah mandi segera oleskan losion tubuh khusus kulit sensitif untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Gunakan celana yang longgar, mudah menyerap keringat,lembut, bersih dan kering.
  • Praktekkan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbang, Berolahraga secara teratur, tidur 7 sampai 9 jam di malam hari, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, dan mengelola stress dengan bijaksana.

Jika keluhan memburuk sebaiknya sobat konsultasikan langsung ke dokter kulit agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga membantu dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.