1 Jawaban Dokter

Staff 25/01/2019
Public

Selamat sore sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Nyeri tumit termasuk masalah kesehatan yang umum terjadi. Penderita biasanya berjalan dengan cara yang tidak normal untuk menghindari atau mengurangi nyeri pada tumitnya. Nyeri umumnya dirasakan saat pertama kali bangun di pagi hari atau saat berdiri dari posisi duduk yang cukup lama. Biasanya berjalan dapat mengurangi nyeri yang dirasakan, namun nyeri juga dapat bertambah buruk jika berjalan atau berdiri terlalu lama.
Penyebab tersering dari keluhan in adalah Plantar Fasciitis, yaitu peradangan pada plantar fasciaPlantar fascia merupakan jaringan tebal dan fleksibel yang menghubungkan tulang tumit dengan tulang-tulang lain di telapak kaki. Plantar fascia juga berfungsi sebagai penyerap benturan.
Plantar fasciitis umumnya terjadi pada orang yang sering memakai sepatu berhak tinggi, memiliki telapak kaki datar atau tidak memiliki lengkung kaki, mengalami ketegangan pada otot betis, rheumatoid arthritis, sering melakukan olahraga yang membebani kaki, berusia di atas 40 tahun, obesitas, atau sering berdiri dalam waktu yang lama.
Penanganan nyeri tumit biasanya dilakukan dengan menggunakan kombinasi beberapa teknik. Berikut merupakan jenis pengobatan nyeri tumit:

  • Mengganti alas kaki yang sesuai dengan bentuk kaki sobat, tidak berhak tinggi dan tidak terlalu datar juga keras.
  • Mengistirahatkan tumit yang nyeri, menghindari berjalan kaki jarak jauh, dan berdiri dalam waktu lama.
  • Obat pereda rasa nyeri. Obat antiinflamasi non steroid dapat dikonsumsi sesuai resep dokter untuk meredakan nyeri.
  • Fisioterapi.
  • Penggunaan alat bantu medis. Misalnya ortosis (alat bantu dalam bentuk sol yang dapat masuk ke dalam sepatu pasien), sports strapping tape, dan bidai untuk mengangkat kaki saat tidur malam.
  • Pembedahan.

Jika keluhan memburuk sebaiknya sobat konsultasikan langsung ke dokter agar sobat bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan segera pulih. Salam sehat:)
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.