tumor ganas usus besar

dok in papa sdh dioperasi usus besarnya namun smpai saat ini kta memakai internist, dr onkologi/darah, Dan Dr bedah masih mencari2 knp trombosit papa sy terjun bebas d 30.000 padahal normally 150.000. ke atas. leukosit jg tinggi. dari kmrin penanganan Dr RS hanya transfusi2 saja, stop transfusi drop lg, kta sdh hmpir sebulan d rs namun seperti tanpa kejelasan. mohon rujukan atau rekomendasi Dr lain dok. saya kasian jg sm papa saya krn mesti buru2 d kemo cm blm bisa keluar RS krn trombositnya rendah sekali

1 Jawaban Dokter

Staff 25/01/2019
Public

Selamat sore sobat,
Kanker usus besar atau kanker kolon adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Meskipun penyakit ini bisa terjadi pada segala usia, 90 persen penderitanya adalah orang-orang lansia di atas 60 tahun. Terdapat 3 jenis pengobatan utama untuk kanker usus besar, yaitu Kemoterapi, Radioterapi dan Pembedahan (Operasi).
Untuk bisa dilaksanakan tindakan tersebut memang harus dilakukan pada pasien dengan kondisi yang stabil. Saat ini kondisi orangtua sobat belum stabil sehingga dokter masih melakukan upaya sebaik mungkin untuk beliau. 
Untuk rekomendasi RS lain, kami mohon maaf belum ada rujukan yg lain. Namun untuk Pusat Rujukan Kanker Nasional yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu RS Dharmais.
Demikian penjelasan dari kami, semoga membantu dan lekas membaik kondisi orangtua sobat.  Mohon maaf sekali lagi atas keterbatasan informasi dari kami. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.