Anak saya usia 11bulan beratnya 7kg

Anak saya lahir dgn bb 2,2kg. Dan skrg usia 11bulan bb nya 7kg. Apakah itu ternasuk kurang gizi ya? Bolehkan saya menambah susu nutrinidrink?

1 Jawaban Dokter

Staff 25/01/2019
Public

Selamat sore sobat,
Produk yang sobat sebutkan merupakan makanan khusus untuk pengaturan diet bagi anak usia 1 tahun ke atas yang mengalami gizi kurang dan masalah pertumbuhan. 
Pemakaian produk ini harus di bawah pengawasan dokter dan dosisnya hanya digunakan sesuai petunjuk dokter  atau ahli gizi. 
Produk ini mengandung susu jadi perlu dihindari jika anak alergi terhadap susu sapi.
Untuk mengetahui apakah berat badan anak termasuk berat badan yang normal, kurang, atau berlebih, dapat dilihat pada kurva pertumbuhan, baik pada kurva Kartu Menuju Sehat yang dibagikan oleh posyandu (berwarna merah muda), maupun kurva lainnya yang digunakan secara umum di dunia, yakni kurva pertumbuhan WHO atau CDC.Dari kurva pertumbuhan WHO, pada kurva ‘berat badan berdasarkan usia’ anak laki-laki usia 11 bulan memiliki rentang berat badan normal di 7,5 kg sampai dengan 11,5 kg. Berdasarkan kurva tersebut, anak Sobat memiliki berat badan yang sedikit kurang. Penyebab berat badan anak yang kurang antara lain:

  •  Anak sulit makan atau ‘mogok’ makan
  •  Anak sedang mengalami infeksi, misalnya infeksi tuberculosis, infeksi saluran napas kronik, atau infeksi kecacingan.
  • Gangguan penyerapan makanan, misalnya karena diare yang berulang atau penyakit usus yang mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi
  • Anak mengalami penyakit bawaan, misalnya penyakit jantung bawaan

Jika berat badan anak tidak naik kami sarankan untuk konsultasikan langsung ke dokter anak untuk mengetahui penyebab keluhan yang dirasakan. 
Demikian pejelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.