Pemulihan cedera lutut

Saya berumur 22 thn, 2017 yg lalu mengalami cedera lutut acl, baru mulai memulih agustus 2018. Saat november 2018 saya tdk sengaja nurunin standar motor, saya pikir sudah pulih lutut saya, pas naekin standar gak masalah tp pas nurunin standar bunyi kretek dan terasa nyeri luar biasa itu kembali, sudah saya kompres msh blm hilang rasa nyeri dan ngilu nya. Saya coba urut bergeser lututnya, sampai skrng jika berdiri terlalu lama terasa ngilu dan jika berjalan juga terasa sakit. Sebetulnya untuk proses pemulihan cedera lutut itu paling lama itu berapa bulan dok? Lalu adakah cara mengobati nya tanpa melalui operasi? Kemudian, baiknya saya mengurangi aktivitas berat sampai berapa lama serta baiknya olahraga apa saja yg bisa saya lakukan?
Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 25/01/2019
Public

Selamat siang sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Cedera ligamen lutut anterior atau cedera ACL (anterior cruciate ligament) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior. Ligamen lutut anterior merupakan salah satu ligamen lutut yang berfungsi untuk menghubungkan tulang tungkai bawah dengan tulang tungkai atas dan menjaga kestabilan lutut.
Pada cedera ligamen lutut anterior yang terjadi secara tiba-tiba (akut) dan cukup parah, gejala-gejala yang mungkin terasa adalah sebagai berikut:

  • Terdengar atau terasa suara seperti “pop” pada saat terjadinya cedera.
  • Lutut terasa seperti goyang atau terlepas. Perasaan bahwa lutut tidak stabil dapat muncul setelah melompat, mengubah arah gerakan, atau terjadi benturan pada lutut.
  • Nyeri yang terasa di bagian luar dan belakang lutut.
  • Terjadi pembengkakan pada lutut. Umumnya pembengkakan muncul beberapa saat setelah terjadinya cedera yang menandakan adanya perdarahan pada sendi. Jika pembengkakan terjadi segera setelah cedera, dapat mengindikasikan bahwa cedera ligamen cukup parah.
  • Gerakan lutut terasa terbatas

Setelah cedera, lutut harus segera diobati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Berikut pertolongan pertama pada cedera ligamen lutut anterior:

  • Istirahat. Setelah cedera terasa, sangat dianjurkan untuk beristirahat agar lutut dapat segera pulih dengan sendirinya. Selain itu, dianjurkan juga untuk membatasi beban pada lutut.
  • Kompres es selama 20 menit setiap kali dilakukan pengompresan.
  • Pembebatan. Lutut yang mengalami cedera harus dibebat menggunakan kain atau perban elastis. Tujuannya adalah untuk meringankan nyeri pada saat bergerak atau berjalan, serta mengurangi penumpukan cairan pada lutut pasca cedera. Perlu diingat bahwa bebatan perban tidak boleh terlalu kencang karena dapat menyebabkan pembengkakan di bawah lutut.
  • Elevasi. Pada saat istirahat atau mengompres lutut menggunakan es, usahakan agar posisi lutut sedikit dinaikkan. Cara ini dapat dilakukan dengan menaruh bantal di bawah lutut.
  • Obat pereda nyeriUntuk meredakan nyeri yang timbul akibat cedera, penderita dapat mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid.

Pengobatan untuk robeknya ACL mungkin termasuk pendekatan dengan tindakan non-bedah dan bedah, tergantung pada kebutuhan individu pasien. perawatan tanpa pembedahan dapat mencakup bracing dan terapi fisik. Perawatan ini mungkin efektif untuk mereka yang berusia lanjut atau memiliki tingkat aktivitas yang sangat rendah. Di sisi lain, dokter anda dapat merekomendasikan operasi jika:

  • Seorang atlet terutama jika olahraga yang dimaksud melibatkan kegiatan melompat, memotong atau berputar.
  • Lebih dari satu ligamen atau tulang rawan di lutut yang terluka.
  • Cedera yang menyebabkan lutut sulit untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari.

Untuk durasi pemulihan tergantung dari tingkat keparahan cedera lutut sobat. Sebaiknya sobat kontrol kembali ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.