1 Jawaban Dokter

Staff 23/01/2019
Public

Selamat pagi sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan warna kulit memudar. Warna kulit, rambut, dan mata dihasilkan oleh sel pigmen tubuh. Pada penderita vitiligo, sel tersebut berhenti memproduksi warna atau pigmen tubuh. Akibatnya, muncul bercak putih di kulit dan uban pada rambut.
Belum diketahui mengapa sel pigmen berhenti memproduksi zat pigmen tubuh, tetapi kondisi tersebut diduga terkait dengan sejumlah faktor berikut:

  • Kelainan genetik yang diturunkan.
  • Penyakit autoimun, yaitu suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, termasuk sel pigmen tubuh.
  • Stres, kulit terbakar akibat sinar matahari, atau paparan bahan kimia yang juga diduga dapat memicu terjadinya vitiligo.

Tujuan pengobatan vitiligo adalah untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Dokter biasanya menganjurkan pasien untuk terlebih dahulu menggunakan tanning lotion atau losion penggelap kulit. Dokter juga akan menyarankan pasien memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah akibat paparan sinar matahari. Terdapat beberapa metode lain dalam menangani vitiligo, yaitu:

  • Obat-obatan: salep yang mengandung kortikosteroid
  • Terapi sinar UV (Fototerapi)
  • Pembedahan seperti cangkok kulit

Perlu diketahui, butuh waktu berbulan-bulan agar pengobatan efektif dan hasilnya akan sangat beragam pada setiap pasien. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit mengenai jenis pengobatan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.