kebotakan di usia 25th

hallo dok, saya mau tanya, rambut saya mengalami kebotakan di usia saya 25th di tengah dan makin menipis di depan, kira-kira saya harus bagaimana ya dok? apa yang harus saya pakai atau konsumsi? beberapa saya pakai serum penumbuh rambut tidak mempan dok, mohon jawaban nya ya dok, terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 21/01/2019
Public

Selamat siang sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Rambut rontok bisa dikatakan normal jika antara 50-100 helai rambut per hari, rambut rontok yang serius atau alopecia adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh.
Berikut beberapa penyebab kebotakan muncul di usia muda:

  1. Stres
    Stres bisa menyebabkan kebotakan laki-laki di usia muda, stres kronis akan mengacaukan sekaligus menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon-hormon yang mengakibatkan penipisan rambut.
  1. Kekurangan nutrisi
    Kurang asupan protein membuat tubuh menyimpan protein yang tersedia untuk keperluan lain sehingga membuat rambut kehilangan nutrisinya. Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, sehingga sangat penting menyertakan protein yang cukup dalam menu makan sehari-hari.
  1. Gejala Penyakit
    Kebotakan bisa terjadi karena gejala suatu penyakit, ALS adalah penyakit pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.
  1. Merokok
    Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.
  1. Minum-minuman beralkohol
    Alkohol bisa menyerap zat besi di dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Karena seperempat rambut mengandung air, alkohol yang berlebihan akan selalu membuatnya rapuh.

Pencegahan

  1. Jangan terlalu sering melakukan tarikan yang terlalu keras (sasakan), jepit atau ikat rambut yang terlalu kencang, pengeritingan atau pengeringan rambut dengan hair dryer dan sebagainya.
  2. Perawatan rambut yang teratur dan dengan produk yang tepat, misalnya shampoo, conditioner, creambath, hair tonic, hair spa.
  3. Nutrisi sangat penting dalam menunjang rambut sehat, beberapa diantaranya adalah zat besi, vitamin B1, asam PanAminoBenzolac (PABA), kalsium D pantotenat (provitamin B5), asam folat dan zinc.

Karena kondisi kebotakan sobat tidak kunjung membaik walaupun sudah menggunakan obat – obatan, maka kami menyarankan segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penyebab pasti dari timbulnya kebotakan diketahui, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.