1 Jawaban Dokter

Staff 19/01/2019
Public

Selamat Siang Bunda, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok.
Kami mengerti kekhawatiran Bunda, Pada bayi baru lahir hingga usia satu tahun, cegukan sangat umum terjadi lama cegukan pada bayi biasanya sampai dengan 15 menit. Cegukan pun sebenarnya dapat dialami bayi sejak masih berada dalam kandungan. Cegukan pada bayi dapat terjadi akibat gangguan pada diafragma, difragma adalah otot yang membantu proses pernapasan. Pada bayi, umumnya cegukan disebabkan oleh makan yang terlalu banyak atau terlalu cepat, menelan banyak udara dan perubahan suhu di dalam perut.
Beberapa tips langkah yang dapat Bunda lakukan saat bayi mengalami cegukan :

  • Gendong Si Kecil dalam keadaan tegak. Kemudian goyang badannya perlahan atau gosok dadanya dengan lembut.
  • Ketika menyusui usahakan untuk memiringkan botol dengan sudut 45 derajat sehingga udara naik ke bagian bawah botol. Susui bayi perlahan atau sedikit saja, namun usahakan dalam porsi yang cukup sering.
  • Pangku Bayi dalam posisi tegak saat memberinya makan. Hal ini akan mencegah/mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut.
  • Memberi minya telon pada perut, dada dan punggung.

Perlu diperhatikan, pada bayi normalnya cegukan hanya berlangsung lebih dari 15 menit.  Namun, bila cegukan terjadi terus menerus terutama jika terdapat juga :

  • Sakit perut setelah makan dan muntah
  • Bayi menangis lebih sering
  • Sering melengkungkan punggungnya secara berlebihan setelah atau selama makan
  • Meludah atau berliur lebih sering dari biasanya.

Jika menemukan tanda-tanda diatas  atau cegukan terlalu sering dan berlarut-larut sebaiknya Bunda membawa bayi Bunda ke dokter spesialis anak untuk melihat apakah ada kemungkinan hal lain ataukah hanya cegukan biasa.
Cegukan yang hanya cegukan biasa pada bayi biasanya akan berkurang seiring dengan pertumbuhan usianya.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat dan semoga Bayi, Bunda serta Keluarga selalu dalam keadaan sehat, Salam Sehat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.