1 Jawaban Dokter

Staff 19/01/2019
Public

Selamat pagi sobat,
Keluhan yang sobat rasakan mungkin merupakan reaksi alergi terhadap makanan. Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. Salah satu reaksi alergi yang muncul bisa berupa rasa gatal dan ruam pada kulit.
Reaksi alergi yang paling dikhawatirkan adalah reaksi anafilaktik yang dapat mengancam nyawa. Sebaiknya sobat kosultasikan ke dokter. Dokter akan menanyakan gejala dan riwayat kesehatan pasien terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan uji laboratorium.
Selain rentang waktu munculnya gejala setelah terpapar makanan, tingkat keparahan, dan lamanya gejala, dokter juga akan menanyakan mengenai frekuensi kemunculan gejala dan makanan apa yang sekiranya menjadi penyebab.
Dokter akan memastikan apakah pasien memiliki keluarga dengan riwayat alergi atau apakah pasien sendiri memiliki riwayat alergi, meski itu bukan alergi makanan. Pemeriksaan lanjutan dapat dilakukan untuk menguatkan diagnosis. Kemudian dokter akan memberikan obat anti alergi.
Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.