keringat berlebih

dok, kenapa saya sangat mudah sekali berkeringat tidak seperti teman saya yg lain. apalagi saat upacara bendera saat saya mulai berdiri keringat saya mulai bercucuran di seluruh badan padahal saat itu cuacanya mendung dan sejuk. apakah saya penderita hiperhidrosis atau sistemik,, atau karena jantung atau alergi? dimohon dijelaskan penyebab dan solusinya dok trimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 14/01/2019
Public

Selamat siang sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Berkeringat adalah salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar dengan mengeluarkan cairan yang mengandung melalui kelenjar keringat. Normalnya keringat keluar ketika tubuh melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga, makan makanan pedas, demam, atau saat merasakan emosi tertentu. Jika terdapat kondisi keringat berlebih yang terjadi tanpa adanya pemicu, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi karena adanya penyakit tertentu.

  • Hyperhidrosis focal primer
    Yaitu keringat berlebih di bagian tertentu seperti telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, atau hanya kepala dan wajah. Biasanya disebabkan masalah pada fungsi sistem saraf.
  • Secondary general hyperhidrosis
    Keringat berlebih jenis ini terjadi pada seluruh bagian tubuh, dan biasanya terjadi pada malam hari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid, tuberkulosis, menopause, gagal jantung, stroke, kanker (limfoma dan leukimia), penyakit Parkinson, diabetes, cedera tulang belakang, gangguan saraf, penyakit paru-paru, gangguan kecemasan, kecanduan alkohol, dan kehamilan.Tidak hanya itu, pengobatan dan suplemen tertentu juga bisa menjadi penyebab dari keringat berlebih. Misalnya saja, obat antibiotik, obat untuk tekanan darah, obat untuk mulut kering, dan obat yang digunakan untuk menangani masalah kesehatan mental.

Mengingat banyaknya penyebab dari keluhan keringat berlebih makan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui sebab pasti dari keluhan sobat. Sebaiknya konsultasikan ke dokter secara langsung agar sobat bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.