Berapa lama kortikosteroid bertahan di dalam tubuh

Selamat pagi dok, dua minggu yang lalu saya mendapat injeksi steroid di kelopak mata atas untuk mengatasi kalazion. Pertanyaan saya:

1. Apakah tindakan tersebut umum dilakukan dan aman?

2. Saya khawatir karena setelah saya baca2 ternyata steroid dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya, seperti katarak, glaukoma. Dosis yang diberikan saat injeksi adalah Flamicort (Triamcinolone Acetonide) 0.5 ml (20 mg). saya hanya mendapat satu kali injeksi. Apakah berbahaya / dapat menimbulkan efek samping dok ?

3. Berapa lama steroid jenis tersebut bertahan di dalam tubuh dok? apakah ada cara untuk menghilangkan efek steroid tersebut dengan cepat dok, karena saya khawatir terhadap efek sampingnya.

Terima kasih banyak atas jawabannya dok.

Adi, Jakarta

1 Jawaban Dokter

Staff 10/01/2019
Public

Selamat siang sobat, terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Triamsinolone adalah obat yang termasuk dalam golongan kortikosteroid. Obat ini bekerja dengan cara mencegah pelepasan zat dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Oleh sebab itu Triamsinolone dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi yang berbeda seperti gangguan alergi, penyakit kulit, kolitis ulserativa, arthritis, lupus, psoriasis, atau gangguan pernapasan. Triamsolon tersedia dalam bentuk tablet, krim, suntik, semprot hidung, dan salep mulut. Pada kasus sobat, triamsinolon berupa suntik/injeksi yang digunakan untuk mengurangi peradangan pada kelopak mata sobat. 
Dosis triamsinolon untuk peradangan pada kulit adalah =  Triamcinolone acetonide:1-3 mg per area kulit. Dosis maksimal 30 mg.Triamcinolone diacetate:5 mg per hari untuk luka kecil, atau 48 mg per hari untuk luka besar. Dosis maksimal 12,5 mg per area suntik. 
Selama penyuntikan triamsinolon sesuai dengan dosis, maka sobat tidak perlu khawatir. Mengenai efek samping berupa katarak dan glaukoma dapat ditimbulkan pada penggunakan obat golongan kortikosteroid dalam jangka panjang.
Untuk waktu paruh eliminasi obat didalam tubuh adalah sekitar 2-5 jam dan dikeluarkan melalui urin dan feses. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.