1 Jawaban Dokter

Staff 08/01/2019
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Alergi panas matahari merupakan suatu fotosensitivitas, reaksi berlebihan yang timbul akibat terpapar sinar matahri. Reaksi alergi pada umumnya suatu reaksi sistem kekebalan tubuh yang salah menganggap sel komponen kulit sehat yang terpapar matahari sebagai benda asing. Ini menyebabkan tubuh balik menyerangnya dan kemudian menghasilkan reaksi alergi berupa ruam merah dan lecet. Selain ruam kemerahan, orang yang alergi sinar matahari juga akan mengalami gatal-gatal.
Seperti reaksi alergi lainnya, cara terbaik untuk mencegah agar alergi tidak timbul adalah menghindari pencetusnya. Namun di Indonesia yang beriklim tropis sepertinya sulit untuk menghindari sinar matahari. Ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mencegah munculnya keluhan:

  1. Gunakan pakaian panjang yang longgar dan berbahan menyerap keringat
  2. Gunakan pelindung kepala seperti topi disertai masker untuk melindungi wajah
  3. Gunakan krim sunprotection dengan SPF 30
  4. Dinginkan kulit, dengan mandi atau kompres menggunakan air dingin
  5. Jaga suhu ruangan agar tetap sejuk
  6. Pilih jenis olahraga yang lebih sesuai, dan hindari olahraga yang dirasa cepat memicu reaksi alergi. Bisa mencoba yoga atau renang sebagai alternatif

Jika keluhan dirasakan semakin mengganggu, sebaiknya sobat konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin agar dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Dokter akan melakukan serangkaian tes terhadap kulit sobat untuk memastikan jenis kelainan yang ada, kemudian dokter bisa memberikan obat,baik obat minum maupun obat oles untuk mengurangi keluhan yang sobat rasakan.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.