1 Jawaban Dokter

Staff 08/01/2019
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Nyeri kepala merupakan keluhan yang sering dialami, nyeri bisa dirasakan di seluruh bagian kepala maupun di sebagian kepala. Nyeri yang dirasakan juga beragam, bisa terasa nyut-nyutan, seperti ditarik, dan lainnya. Nyeri yang dirasakan terutama di belakang telinga dapat disebabkan oleh hal berikut:

  1. Neuralgia okspital, yang merupakan peradangan saraf oksipital yang ada di atas sumsum tulang belakang hingga dasar leher. Kondisis ini bisa disebabkan oleh cedera atau kebiasaan menahan leher di satu posisi dalam waktu lama. Neuralgia oksipital sering menimbulkan sakit kepala kronis yang menusuk dan berdenyut.
  2. Mastoditis, adalah  infeksi pada tonjolan tulang di belakang telinga (tulang mastoid), yang terjadi akibat peradangan atau infeksi telinga yang tidak diobati dengan benar. Mastoiditis dapat menimbulkan sakit kepala di belakang telinga, demam, telinga bengkak dan memerah, telinga terasa nyeri, dan bahkan kehilangan pendengaran.
  3. Nyeri rahang (gangguan temporomandibularjoint/TMJ)
  4. Masalah gigi

Ada beberapa cara sederhana yang dapat sobat lakukan untuk mengurangi nyeri di belakang telinga:

  • Kurangi stres
  • Istirahat dan tidur di tempat yang tenang
  • Kompres leher belakang dengan handuk hangat
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen

Jika keluhan dirasa makin memberat, kami sarrankan untuk konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga sobat bisa mendapatkan terapi yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.