Meninggikan badan dan menumbuhkan gigi taring

Saya punya sahabat umurnya kira kira 12 tahun lebih 3-4 bulan, dia punya tinggi badan sekitar 145cm dan gigi taring rahang atasnya belum tumbuh, apakah itu normal dok? Dan bagaimana cara menyelesaikan masalah itu?

1 Jawaban Dokter

Staff 07/01/2019
Public

Selamat Malam, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Untuk gigi tetap taring atas umumnya rata-rata akan tumbuh pada usia 11-12 tahun, mungkin mengalami percepatan atau perlambatan pada beberapa individu. Menurut penelitian toleransi dapat menunggu 1 tahun lebih hingga bahkan ada yang baru muncul 1 tahun lebih setahun dibandingkan umur rata-rata muncul hal inu disebut dengan ‘delayed eruption’

Adapun keterlambatan atau tidak munculnya suatu gigi tetap dapat disebabkan :
– Gigi susu sebelumnya mengalami keterlambatan lepas atau gigi susu sebelumnya bahkan belum lepas (retensi gigi susu)
– Tidak mempunyai tempat tumbuh (tempat yang seharusnya turun ditempati gigi lain)
– Bakal gigi ada namun salah posisi tumbuh
– Beberapa kondisi kesehatan gangguan pada rahang, kekurangan vitamin D, hipotiroid dan Gardner syndrome.

Gangguan pertumbuhan gigi bisa juga terjadi sejak masa pertumbuhan embrio, janin masih di dalam kandungan atau saat pertumbuhan anak.

Untuk memastikan dan apabila teman Sobat merasa sangat khawatir dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi, mungkin dokter gigi akan melakukan wawancara terkait dengan hal tersebut, Pemeriksaan fisik terkait apakah sudah ada bakal gigi yang akan tumbuh Dan mungkin dibutuhkan pemeriksaan rontgen gigi yang dapat melihat apakah ada dan bagaimana kondisi posisi bakal gigi taring atas dalam yang belum muncul yang akan terlihat dalam foto rontgen gigi tersebut.
Sementara untuk tinggi anak :
Menurut penelitian usia 12 tahun laki-laki kurang lebih rata-rata 149 cm namun tentu berbeda setiap individu dan teman Sobat masih dapat mengejar beberapa bulan mengingat usianya masih 12 tahun lewat beberapa bulan. 
Namun, jangan khawatir jika teman Sobat tidak memiliki tinggi seperti di atas. Belum tentu status gizi teman Sobat bermasalah. Tubuh kecil belum tentu tidak normal. Begitu juga sebaliknya, Tubuh sangat besar belum tentu normal. Lalu bagaimana cara mengetahui status gizi normal atau tidak?
Teman Sobat bisa mengetahui apakah status gizi normal atau tidak dengan cara menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT atau dalam bahasa Inggris disingkat BMI) terlebih dahulu. Hitung dengan rumus di bawah ini:

Setelah menghitung IMT, Teman Sobat bisa mengetahui status gizi apakah normal atau tidak, Nilai IMT normal yang artinya status gizi normal laki-laki usia 12 tahun yaitu jika masih dalam rentang nilai 15.0 – 21.0. Jika IMT melebihi nilai di atas, artinya kelebihan berat badan dan jika kurang artinya mempunyai tubuh kurus.
Beberapa tips untuk menaikkan tinggi badan :
1. Penuhi gizi makanan 4 sehat 5 sempurna
2. Olahraga seperti renang atau basket yang teratur 3 x seminggu
3. Istirahat yang cukup
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.