3 answer

Staff 05/01/2019
Public

Selamat malam Sobat, Terima kasihbtelah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok,
Cairan tubuh yang terutama mengandung virus HIV adalah darah, yang diikuti dengan cairan lain seperti cairan sperma, cairan vagina, Cairan anus, ASI (air susu ibu).
Sampai saat ini berdasarkan penelitian penularan HIV juga tidak terjadi melalui ludah, dikarenakan air ludah atau saliva tidak mengandung virus HIV namun bila air ludah tersebut bercampur dengan sel darah misal adanya luka kecil atau peradangan pada mulut penderita HIV air ludah tersebut dapat mengandung virus HIV dalam kadar yang sangat rendah misal bila penderita HIV mengalami sariawan, gusi berdarah, atau terdapat luka terbuka di mulut.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat, Salam Sehat 🙂

#1
  1. jika kita berdua tidak ada yang berpenyakit penyakit HIV, berarti ciuman tadi tidak memicu terjadinya penyakit HIV kan dok?
Staff 06/01/2019
Public

Selamat Malam Sobat,
Selama Sobat dan pasangan tidak memiliki virus HIV maka tidak akan ada saling menularkan penyakit HIV diantara Sobat dan pasangan.
 

#2
Staff 06/01/2019
Public

Dan iya, ciuman yang Sobat lakukan dengan pasangan jika selama Sobat dan pasangan tidak memiliki virus HIV maka tidak berisiko tertular HIV. 🙂

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.