Bagaimana cara menghilang tahi lalat datar (tidak timbul) yang berbulu di wajah

saya punya tahi lalat di wajah, tidak timbul tapi berbulu, apakah termasuk tahi lalat yang berbahaya, soalnya setiap hari saya cukur dong.
Itu mengganggu saya, bagaiman cara menghilangkannya dong apakah aman menggunakan bawang putih?

1 Jawaban Dokter

Staff 04/01/2019
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Tahi lalat (moles) pada umumnya tidak berbahaya, namun ada sebagian yang dapat menyebabkan keganasan pada kulit yaitu kanker kulit (Melanoma). Berikut perbedaan yang bisa dilihat pada tahi lalat yang dicurigai sebagai keganasan:

  1. Asymmetrical shape ialah setengah bagian tahi lalat tidak sama dengan setengah bagian lainnya.
  2. Border, merupakan batas tahi lalat tidak rata, berlekuk.
  3. Color. Adakah perubahan warna pada tahi lalat, memiliki banyak warna atau distribusi warnanya tidak merata.
  4. Diameter. Perhatikan pertumbuhan baru pada tahi lalat yang berukuran lebih besar dari 6 mm (diameter).
  5. Evolving. Perhatikan tahi lalat yang berubah ukuran, bentuk, warna atau ketinggian, khususnya bila sebagian atau seluruh bagian tahi lalat menjadi hitam.

Untuk menghilangkan tahi lalat, terdapat beberapa metode yaitu:

  • Tindakan bedah

Untuk tahi lalat dengan ukuran yang besar, digunakan metode bedah eksisi. Dokter akan membius area di sekitar tahi lalat, kemudian memotong tahi lalat beserta jaringan kulit di sekitarnya dengan memakai pisau bedah. Setelah itu, dokter akan menutup luka dengan jahitan.

  • Cryosurgery

Prosedur ini disebut juga bedah beku. Tahi lalat yang akan dihilangkan akan disemprot dengan nitrogen cair bersuhu sangat dingin. Selanjutnya, tahi lalat dan jaringan kulit tersebut akan dibuang.

  • Bedah Listrik (Kauterisasi)

Dokter akan memberi obat bius di sekitar kulit yang akan dibakar, kemudian dokter akan mengalirkan listrik melalui alat logam yang ditempel pada tahi lalat untuk membakar jaringan kulit.

  • Bedah laser

Teknik ini menggunakan sinar laser untuk menghilangkan tahi lalat di kulit. Salah satu keuntungan bedah laser adalah tidak menimbulkan bekas luka pada kulit, sehingga secara estetika dapat memberikan hasil yang lebih baik. 
Risiko yang dapat muncul setelah prosedur di atas adalah infeksi pada luka, alergi terhadap obat bius, atau kerusakan saraf. Pada luka bekas operasi juga mungkin dapat timbul jaringan parut.
Penting bagi sobat untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah untuk memilih jenis metode yang paling tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.