lecet pada bagian kulit testis

selamat malam dok. saya umur 15 tahun. Awalnya hanya bagian rambut kemaluan yang gatal. lalu sekarang sudah tidak namun malah membuat lecet kulit testis saya dan kulitnya berwarna merah serasa perih jika tersentuh benda ataupun air. bagaimana ya dok cara mengobatinya?
terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 04/01/2019
Public

Halo Sobat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok,
Penyebab paling sering keluhan gatal pada kulit yang terdapat pori rambut seperti rambut pada daerah kulit kelamin serta ketiak adalah folikulitis. Dibagian tersebut terdapat saluran akar rambut dimana dapat terjadi masuknya bakteri ke dalam saluran tersebut sehingga menimbulkan infeksi. Gejalanya adalah gatal disertai pori- pori rambut yang melenting merah serta nyeri kadang disertai berisi nanah namun terkadang bisa juga tidak. Salah satu faktor pemicunya adalah setelah mencukur rambut kelamin ataupun akibat garukan.
Kemungkinan lain dari munculnya lecet, melenting dan nyeri pada kulit testis adalah :
– Infeksi jamur
– Alergi, Eksim umumnya disertai rasa gatal. Alergi tidak selalu terjadi langsung setelah kontak dengan bahan tersebut. Ada kalanya respon alergi baru muncul setelah lebih dari 24 jam, bahkan setelah 1 minggu. Ada kalanya juga respon imun terhadap daya tahan tubuh yang sedang tidak baik.
– Lecet atau iritasi ringan akibat garukan atau gesekan bahan lain misal celana dalam.
– Kudis/skabies. Disertai rasa gatal yang terutama menghebat saat malam hari.
– Herpes genital. Melenting kemerahan yang bila pecah menimbulkan luka terbuka. Adanya riwayat berhubungan intim dengan pasangan berisiko atau berganti-ganti pakaian dalam, handuk, atau alat cukur dengan orang lain yang mempunyai herpes.
Untuk pengobatannya harus ditemukan terlebih dahulu penyebabnya, yang mana diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.
Beberapa tips agar tidak bertambah parah :
– Jika sedang teriritasi seperti merah dan perih hentikan penggunaan lotion atau pencucian dengan sabun mandi dikarenakan kulit pada bagian kulit kelamin yang sangat tipis dan kelembaban kulit yg sedang bermasalah atau kering atau teriritasi jika digosok dengan sabun akan semakin teriritasi, jika mandi hanya dengan air biasa saja atau diseka jangan makin digosok dengan sabun.
– Hindari menggosok dengan tangan untuk menghentikan dan memulihkan terlebih dahulu kulit.
– Apabila hanya iritasi ringan akibat garukan lecet seringkali hanya butuh waktu 4-5 hari sampai dengan kulit kembali sehat. Namun bila ternyata penyebab bukan dikarenakan iritasi ringan yaitu dikarenakan infeksi jamur, bakteri, alergi, virus tertentu seperti herpes, scabies, maka diperlukan adanya pengobatan sesuai dengan penyebab.
Demikian yang dapat kami sampaikan, Semoga Sobat lekas sembuh, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.