Nafas yang mengeluarkan asap

Permisi dok, saya ingin bertanya
Kenapa saat saya menarik nafas panjang dan menahannya beberapa detik dan saat melepaskannya dengan perlahan, mulut saya mengeluarkan asap, sedangkan saya tidak lagi ditempat yang suhunya dingin. Dan ini sudah lama terjadi dok, dan juga saya akan batuk saat menarik nafas yang panjang. Menurut dokter saya terkena penyakit apa?

1 Jawaban Dokter

Staff 03/01/2019
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Umumnya pada udara bersuhu panas, sisa udara dari paru yang berupa gas karbon dioksida dan air yang kita hembuskan keluar akan menguap begitu saja ( tanpa adanya asap ). Namun pada udara dingin maka gas sisa dari paru yang dihembuskan keluar (air) akan berikatan dengan molekul air di udara luar sehingga membentuk ikatan hidrogen yang akhirnya membentuk dalam rupa asap putih. Hal ini merupakan dasar fisika umum akibat proses kondensasi (pendinginan) akibat perbedaan suhu pada bagian dalam dengan luar. Hal ini adalah hal yang normal terjadi dan tidak berbahaya.
Batuk merupakan refleks normal tubuh untuk menghalau partikel asing yang terdapat pada saluran pernapasan. Batuk juga dapat disebabkan oleh hal berikut:

  • Alergi¬†
  • Asma
  • Infeksi bakteri atau virus pada saluran napas sampai ke paru-paru
  • Gangguan jantung
  • Keganasan

Mengingat banyaknya penyebab batuk dan keluhan yang sobat rasakan sudah lama terjadi sebaiknya sobat konsultasikan ke dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Jika diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti mengevaluasi fungsi paru dengan spirometri, pemeriksaan laboratorium, rontgen dada, atau pemeriksaan lainnya untuk menunjang diagnosis.
Untuk mengurangi keluhan yang dirasakan, sobat dapat melakukan hal berikut:

  1. Olahraga yang melatih otot-otot pernapasan seperti berenang
  2. Makan makanan bergizi
  3. Hindari merokok dan asap rokok
  4. Gunakan masker ketika berada di luar ruangan
  5. Jaga kebersihan kamar tidur maupun tempat kerja
  6. Minum air hangat
  7. Jika menggunakan pendingin ruangan jaga suhu di 26-27 derajat Celcius
  8. Mengoleskan penghangat tubuh di sekitar dada dan punggung

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.