Kebutuhan kalori anak usia 14 bulan

Anak saya usia 14 bulan dengan bb 7,7 kg dan tinggi 70cm. Menurut dsa nya tergolong gizi baik hanya saja saya diminta untuk mengunjungi doktet gizi terkait kalori anak agar anak saya setiap bulannya naik. Kondisi sekarang si anak lebih sering melepeh makanannya dan tidak pernah habis hanya 5 suap setiap kali makan tapi karena sering melepeh jadi 3 suap pun sudah tidak mau lagi. Anak saya masih 2 bulan lagi meminum zat besi karena terdiagnosa ada anemianya tapi tidak sampai defisiensi begitu menurut pemaparan dokternya dan ada kenaikan signifikan 1 bulan ini 400 gram dari 7,3kg. Selain itu dokternya meminta saya untuk membeli nutrinidrink sebagai tambahan supaya anak tetap dapat kalori walaupun makannya tidak bisa banyak. Apakah setiap harinya ada batas maksimal untuk meminum nutrinidrink yang disarankan dokter. Terkait anak saya sedang tumbuh gigi dan dada nya merah merah seperti biang keringat. Bagaimana jadwal makan dan makanan apa yang saya harus buat supaya berat badannya makin bisa bertambah. Bolehkan diberikan jajanan pasar dengan rasa yang beragam kadang terlalu manis dikhawatirkan kurang baik untuk kesehatannya nanti karena banyak mengandung gula. Dengan seringnya melepeh makanan saya sebagai ibu bingung harus seperti apa lagi dan tekstur yang bagaimana lagi supaya anak saya bisa lahap lagi makanannya. Mulai kelihatan merosot ini mulai dari 8 bulan keatas karena mulai aktif aktifnya. Dan beberapa hari sebelumnya memang flu ada darah yang tercampur dengan ingusnya tetapi hanya sedikit dan tidak ada lagi, apakah karena anaknya sering menggosokan tangannya ke hidung sehingga lecet atau karena memang ada faktor lain dok.

3 answer

untuk anak usia 1 thn keatas disarankan kalori di dapat dari makan padat bu. targetnya adalah 3x makan besar dan 2x snack. sisanya susu maksimal 600ml. nutrini drink maksimal 300ml bu, sisanya asi bila masih banyak atau susu uht atau formula saja bu.
kenaikan 400 gram di usia ini sangat baik bu. target kita hanya 200-300gram bu.

#1

Banyak sekali faktor anak sulit makan bu. mulai dari anak sedang memasuki fase eksplor sehingga untuk makan anak mulai malas, sedang tumbuh gigi, dll.

Balita kadang menunjukkan kemandiriannya dan berontak untuk menunjukkan kemauannya. ibu harus sabar, bantu untuk ciptakan makanan yang enak dan suasana makan yang menyenangkan.

ibu bisa coba ganti peralatan makan anak. kadang ajak anak untuk memilih piring dan alat makan lain bisa membantu membangkitkan keinginan makan anak. membuat disiplin jam makan juga perlu untuk balita, jadi 1 kali makan tidak boleh lebih dari 1 jam. susu tidak boleh diberikan untuk menggantikan anak yang tidak mau makan. pemberian susu harus paling dekat selang 2 jam dari makan terakhir. Berikan makanan yang bervariasi, kalau bisa makanan keluarga yang rasanya enak, jangan tawar seperti makanan bayi baru belajar makan. coba ajak makan di restoran untuk tau apakah makanannya atau suasanya yang membuat anak tidak mau makan.
Jumlah susu yang diperkenankan maksimal 24 jam adalah 500 ml.

bila tetap tidak mau boleh bantu dengan multi vitamin untuk memenuhi kebutuhan micronutriennya.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.