apakah boleh memakai kacamata beda axis utk mata silinder?

dok, saya laki 28th. saya udh ke dokter spesialis mata utk cek mata. prnh dites mata saya cocok -3,00 dengan silinder -0,5 dan axis 40.

pertanyaannya bolehkah saya pakai softlense dengan axis 20? sementara minus dan silindernya sesuai.. apakah akan buram atau bikin kepala pusing dengan perbedaan axis tsb?

1 Jawaban Dokter

Staff 02/01/2019
Public

Selamat siang sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyajawab tanyadok.
Axis adalah suatu komponen pengukuran dalam pemeriksaan refraksi mata, yang mengindikasikan sudut kemiringan yang dibutuhkan oleh lensa silinder disesuaikan dengan kekuatannya untuk mengoreksi kondisi mata silinder (astigmatisme), dengan satuan 0 sampai 180 derajat.
Silinder (Astigmatisme) merupakan kelainan pada kelengkungan lensa atau kornea mata sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak fokus ketika jatuh di retina, yang menimbulkan gejala-gejala seperti pandangan samar/tidak fokus, pusing, mata mudah lelah, sensitif terhadap cahaya, kesulitan membedakan warna yang letaknya berdekatan, atau melihat garis yang lurus tampak miring. Tentunya jika axis tidak sesuai akan mempengaruhi fungsi lensa dan berefek pada penglihatan sobat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.