Bagaimana cara mengatasi (merapikan) gigi renggang

Selamat siang dok, Nama saya Dhila. Saya berumur 16 tahun maret yang akan datang. Gigi saya depan atas saya renggang sekitar 0,5 cm (tengah) antara tengah dengan sampingnya sekitar 0,2 cm dan samping sampingnya lagi juga renggang sampai geraham. Gigi bawah saya normal tapi juga masih kurang rapi. Bagaimana solusi agar tidak renggang? Apakah dengan pemakaian behel? Dan biayanya kisaran berapa? Oh ya. Gigi geraham bawah saya ada yang berlubang 1. Dan atas ada 1. Tidak masalahkah pemasangan behel? Ataukah harus dicopot?

1 Jawaban Dokter

Staff 31/12/2018
Public

Selamat pagi Dhila,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Gigi depan yang mengalami posisi renggang dapat diatasi dengan beberapa tindakan perawatan dan salah satunya adalah perawatan kawat gigi. Sebagai informasi gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan, apalagi saat seseorang masih dalam usia pertumbuhan (rata-rata di bawah 17 tahun) dimana tulang rahang terus bertumbuh dan posisi gigi mengikuti pertumbuhan tulang rahang. 
Kami sarankan agar sobat melakukan konsultasi ke dokter gigi, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung dan diberikan penanganan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.