1 Jawaban Dokter

Staff 30/12/2018
Public

Selamat Siang, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Kondisi keluhan tidak dapat menahan kencing disebut juga inkontinensia urin, Kondisi ini sangat tidak nyaman dan menyebabkan resiko keluarnya air seni pada saat kita di luar rumah atau bekerja. 
Beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan keluhan yang sama:
1. Kondisi infeksi saluran air kencing, biasanya disertai dengan keluhan penyerta berupa keluhan nyeri saat BAK, BAK sering, ataupun demam ringan. 
2. Kelemahan otot dasar panggul, Sobat dapat melakukan senam latihan kegel, yaitu bertujuan untuk melatih menguatkan otot dasar panggul. Lakukan secara teratur.
3. Keputihan
4. Batu kandung kemih
5. Mengkonsumsi kafein atau obat-obatan
6. Kencing manis
7. Gangguan saraf yang bertanggung jawab terhadap fungsi miksi atau fungsi buang air kecil
8. Kehamilan
Bila keluhan ini menetap, sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter urologi untuk pemeriksaan dan evaluasi. Bila diperlukan, dokter akan menindaklanjuti rujukan ke dokter kandungan, dokter bedah saluran kencing, ataupun dokter saraf.
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan merencanakan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan urin, pemeriksaan darah, atau pemeriksaan radiologi.
Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.
Yang perlu Sobat lakukan adalah cukupi kebutuhan air putih minimal 1,5 liter perhari, dan istirahatlah bila Sobat merasakan kelelahan dan lakukan senam kegel serta dapat berkunjung ke dokter bila keluhan berlanjut.
Demikian yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat dan Semoga Sobat dan Keluarga sehat selalu, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.