1 Jawaban Dokter

Staff 28/12/2018
Public

Selamat siang sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanya jawab tanyadok.
Limfadenitis merupakan perdangan yang terjadi pada kelenjar getah bening, kemudian kronis berarti merupakan kejadian yang sudah lama. Non spesifik berarti peradangan yang terjadi bukan akibat infeksi tertentu, bisa karena infeksi bakteri, virus maupun akibat toksin lain. Pengobatannya tergantung dari penyebab peradangan tersebut.
Beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk limfadenitis, antara lain adalah:

  • Obat-obatan. Antibiotik, antivirus, atau antijamur akan diberikan oleh dokter untuk mengobati limfadenitis yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, atau jamur. Selain itu jika diperlukan, dokter akan memberikan obat antiinflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen) jika pasien mengalami gejala nyeri dan demam akibat limfadenitis.
  • Mengalirkan abses atau nanah. Metode ini dilakukan untuk mengobati limfadenitis yang sudah berkembang menjadi abses. Nanah akan dialirkan melalui irisan (insisi) kecil pada kulit yang dibuat di daerah abses. Setelah insisi dibuat, cairan nanah dibiarkan keluar dengan sendirinya, kemudian insisi ditutup menggunakan perban steril.
  • Pengobatan kanker. Jika limfadenitis yang terjadi diakibatkan oleh tumor atau kanker, pasien dapat menjalani pembedahan untuk mengangkat tumor, kemoterapi, atau radioterapi.

Pada kasus yang sobat hadapi, sebaiknya rutin untuk selalu kontrol ke dokter bedah agar diketahui apakah benjolan sudah benar-benar hilang atau belum. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.
Demikian penjelasan dari, semoga bermfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.