1 Jawaban Dokter

Staff 26/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Mengenai pengaruh pola makan dengan perkembangan kista ovarium, pada dasarnya belum ada bukti penelitian yang kuat. Akan tetapi beberapa makanan dianggap dapat meningkatkan resiko kejadian kista ovarium, seperti daging merah, makanan berlemak, dan keju. Di lain hal, suatu penelitian di Eropa menyebutkan bahwa sayur-sayuran hijau kemungkinan dapat mencegah penyakit kista ovarium.  Selain itu pola hidup yang sehat seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol serta rutin berolahraga juga dapat membantu mengurangi keluhan kista tersebut.
Kista umumnya akan hilang sendiri dalam beberapa bulan. Untuk memastikannya, sobat dapat menjalani pemeriksaan USG. Berikut beberapa faktor yang menentukan perlu atau tidaknya pengangkatan kista:

  • Ada atau tidak adanya gejala. Jika gejala terjadi, operasi pengangkatan akan dianjurkan.
  • Ukuran dan kandungan kista. Kista yang berukuran besar dan yang diperkirakan mengandung sel abnormal perlu diangkat melalui operasi.
  • Kista terjadi dalam masa menopause. Wanita yang telah mengalami menopause memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kanker ovarium yang berkembang dari kista.

Penderita kista yang telah mengalami menopause dianjurkan untuk menjalani tes darah dan USG secara teratur untuk memastikan hilangnya kista dalam waktu dekat. Jika tidak, kista perlu diangkat melalui operasi karena berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.