1 Jawaban Dokter

Staff 25/12/2018
Public

Selamat Pagi, Kami memgerti kekhawatiran Sobat.

Menstruasi sedikit bisa disebabkan oleh faktor keturunan, faktor usia, gaya hidup, ketidakseimbangan hormon, adanya kehamilan atau masalah pada kehamilan, dan kondisi kesehatan. Siklus normal haid adalah 21-35 hari, sementara lama haid kurang dari 15 hari.

Penyebab menstruasi sedikit :
1. Genetik
Jika Sobat mengalami menstruasi sedikit, coba tanyakan kepada ibu atau saudara perempuan Sobat apakah mereka juga mengalaminya. karena kemungkinan disebabkan oleh faktor keturunan.

2. Faktor usia

Menstruasi sedikit, normal terjadi pada remaja yang baru saja mengalami pubertas, dan wanita yang akan memasuki menopouse. Kondisi ini disebabkan adanya ketidakseimbangan kadar hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

3. Gaya hidup

Stres, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, merokok, serta olahraga berlebihan bisa membuat hormon tidak seimbang dan menyebabkan menstruasi Sobat tidak seperti biasanya.

4. Penggunaan alat kontrasepsi

Jika Sobat memakai alat kontrasepsi, khususnya kontrasepsi hormonal seperti pil KB, suntik KB, atau susuk KB, Sobat mungkin mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit dan waktu yang lebih singkat. Ini terjadi karena KB hormonal mencegah tubuh melepaskan sel telur dan dinding rahim tidak menebal. Kondisi ini umum terjadi.

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Kondisi ini terjadi ketika ovarium ditumbuhi oleh kista-kista dalam ukuran sangat kecil. Penderita PCOS dapat mengalami menstruasi sedikit karena proses ovulasi mengalami gangguan.

6. Gangguan ginekologis pada endometrium rahim. Gangguan ginekologis ini dapat ditandai pula dengan munculnya gejala kram dan nyeri perut, serta infertilitas.

7. Kehamilan awal yang terganggu

8. Polip pada vagina

9. Infeksi

Menstruasi sedikit yang disebabkan oleh pubertas, menopause, dan kehamilan, tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika gaya hidup yang menjadi penyebabnya, disarankan untuk mengubah pola hidup Anda, misalnya dengan menghindari stres, olahraga secara wajar, dan atur asupan makanan dengan bijak.

Menstruasi sedikit akibat pil KB bisa diatasi dengan mengganti ke jenis alat kontrasepsi lain, seperti kondom.

Untuk mengetahui penyebab pola menstruasi Sobat diperlukan adanya pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, mungkin dokter akan memeriksa dengan pemeriksaan dalam dan USG. Sehingga didapatkan suatu diagnosa yang menentukan penanganan lanjut yang tepat sesuai diagnosa Sobat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dan Semoga Sobat dan Keluarga selalu diberikan kesehatan. Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.